ANALISIS RANTAI PEMASARAN IKAN PELAGIS KECIL DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) TANJUNGSARI KABUPATEN PEMALANG

ERVIN SAIFUL RIZAL, . (2022) ANALISIS RANTAI PEMASARAN IKAN PELAGIS KECIL DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) TANJUNGSARI KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Ervin Saiful Rizal - Ervin Saiful Rizal.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ERVIN SAIFUL RIZAL. NPM. 3120600010. Analisis Rantai Pemasaran Ikan Pelagis Kecil di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari Kabupaten Pemalang (Pembimbing : Sri Mulyani dan Kusnandar) Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari di Kabupaten Pemalang merupakan pusat bagi para nelayan untuk berlabuh dan melelang hasil tangkapannya. Proses penjualan ikan dari nelayan hingga ke tangan konsumen melibatkan beberapa pelaku usaha perikanan, oleh karena itu perlu diketahui kegiatan rantai pemasarannya. Rantai pemasaran ikan pelagis kecil di TPI Tanjungsari sangat dibutuhkan oleh setiap nelayan dan bakul ikan, karena merupakan akhir dari kegiatan usaha yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Manajemen pemasaran yang baik selayaknya mampu memberikan nilai lebih bagi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Tata niaga / rantai pemasaran ikan pelagis kecil di TPI Tanjungsari.2) Farmer’s share ikan pelagis kecil dan margin pemasaran terhadap produksi ikan pelagis kecil di TPI Tanjungsari. Materi penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah nilai produksi dan pemasaran ikan pelagis kecil. Nilai produksi dan pemasaran dalam penelitian ini adalah sistem pemasaran yang digunakan dalam kurun waktu 5 tahun (2017-2021) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari Kabupaten Pemalang. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis margin pemasaran dan analisis farmer’s share. Proses tata niaga hasil tangkapan ikan pelagis kecil di TPI Tanjungsari melibatkan beberapa pelaku tataniaga yaitu nelayan, bakul, depot dan pengolah ikan. Tata niaga pemasaran ikan pelagis di TPI Tanjungsari ada 2 yaitu : a) Nelayan → TPI → Bakul → Pengolah ikan → Konsumen. b) Nelayan → Depot → Pengolah ikan → Konsumen. Saluran pemasaran ikan asin di TPI Tanjungsari Kabupaten Pemalang terdiri dari tiga tipe saluran pemasaran. Saluran pemasaran yang mempunyai margin besar berturut-turut adalah Saluran III sebesar Rp. 196.000,-/kg dengan nilai farmer’share 50% - 86%, saluran I sebesar Rp. 137.000,-/kg dengan nilai farmer’share 41% - 68%, dan saluran II sebesar Rp. 41.000,-/kg dengan nilai farmer’share 33% - 77%. Kata kunci : TPI Tanjungsari, pemasaran, ikan pelagis kecil

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:15
Last Modified: 13 Jun 2024 02:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item