DEKONTRUKSI STANDAR KECANTIKAN DALMA IKLAN (ANALISIS WACANA KRITIS DALAM PRODUK IKLAN SOMETHINC)

FENY NIDYA SEFTIANA, . (2022) DEKONTRUKSI STANDAR KECANTIKAN DALMA IKLAN (ANALISIS WACANA KRITIS DALAM PRODUK IKLAN SOMETHINC). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI FENY NIDYA SEFTIANA - Feny Nidya.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Feny Nidya Seftiana. 2217500033. DEKONSTRUKSI STANDAR KECANTIKAN DALAM IKLAN (ANALISIS WACANA KRITIS DALAM PRODUK IKLAN SOMETHINC). SKRIPSI. Pembimbing I : H. Diryo Suparto, S.Sos, M.Si Pembimbing II : Didi Permadi, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Iklan merupakan suatu media promosi, namun iklan juga digunakan sebagai alat untuk menyebarkan ideologinya. Salah satunya adalah iklan produk kecantikan yang memiliki pengaruh besar dalam mengkonstruksikan standar kecantikan. Standar kecantikan yang ada dikonstruksikan sesuai dengan citra yang ingin dibentuk oleh sebuah brand, yang menyebabkan standar kecantikan mengalami penyempitan. Penyempitan definisi kecantikan ini kemudian membuat dominasi kelompok dan membuat masyarakat yang tidak sesuai dengan standar menjadi terpinggirkan dan mengalami diskriminasi. Diskriminasi yang dilakukan oleh kelompok dominan ini sering kali karena adanya perbedaan warna kulit, adanya diskriminasi tersebut memunculkan fenomena colorism. Adanya fenomena tersebut kemudian memunculkan obsesi keputihan (whiteness) dimana masyarakat ingin merubah warna kulitnya agar sesuai dengan standar kecantikan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dekonstruksi standar kecantikan dalam iklan Somethinc berdasarkan ideologi yang terkandung di dalam narasi teks iklan tersebut. peneliti menggunakan teori analisis wacana kritis Norman Fairclough. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya ideologi yang terkandung dalam iklan Somethinc yaitu : (1) cantik tidak dapat didefinisikan berdasarkan warna kulit. (2) Somethinc memberikan gambaran untuk mendefinisikan kecantikan (3) Somethinc mendeskripsiskan bahwa kecantikan tidak dapat dipengaruhi oleh opini orang lain. Sehingga Somethinc melalui iklan telah mendekontruksi standar kecantikan yang berlaku. Kata Kunci : Iklan, Kecantikan, Colorism, Ideologi, Dekonstruksi

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:13
Last Modified: 13 Jun 2024 02:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item