PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN E-LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DI PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

KUSNIYANTI, . (2022) PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN E-LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DI PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi_Kusniyanti_2217500042_Ilmu Komunikasi 17 - Kusniyanti 23.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kusniyanti. 2217500042. PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN E-LEARNING SEBAGAI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DI PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. SKRIPSI. Pembimbing I: Ike Desi Florina, M.I.Kom. Pembimbing II: Diryo Suparto, S.Sos. M.Si. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Gelombang digital atau digital tsunami membawa perubahan besar terhadap cara manusia belajar. Pemanfaatan teknologi telekomunikasi untuk kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia semakin pesat. Salah satunya dengan penggunaan media komunikasi pembelajaran e-learning. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pancasakti Tegal telah menggunakan sistem e-learning ini sejak mewabahnya virus covid-19. Pembelajaran tatap muka digantikan dengan pembelajaran e-learning. Penelitian ini membahas apakah dengan penggunaan media komunikasi pembelajaran e-learning adanya upaya peningkatan aktivitas belajar di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pancasakti Tegal dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil Penelitian ini adalah deskripsi yang mendiskripsikan penggunaan e-learning sebagai media komunikasi pembelajaran. Serta untuk mengetahui penggunaan dua komunikasi e-learning yaitu Komunikasi Synchronous dan Komunikasi Asynchronous. Serta media aplikasi pembelajaran seperti Zoom Meting, Google Clasroom dan Whatsapp dalam upaya peningkatan aktivitas belajar di prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pancasakti Tegal. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dihasilkan bahwa penggunaan komunikasi Synchronous lebih meningkatkan dibandingkan penggunaan komunikasi Asynchronous serta komunikasi Synchronous lebih sering digunakan ketika pembelajaran e-learning di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pancasakti Tegal oleh karena itu penggunaan komunikasi e-learning Synchronous dapat meningkatkan aktivitas belajar di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: E-learning, Syncronous dan Asynchronous, Upaya Peningkatan Aktaivitas Pembelajaran

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:28
Last Modified: 14 Mar 2022 06:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item View Item