Fanny Iftah Sulaeman, . (2022) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DALAM MEMBIMBING ANAK SELAMA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING di SD N KUDAILE 01. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi_Fanny_Iftah_S_(2217500044) - fanny iftah sulaeman.doc Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Fanny Iftah Sulaeman. 2217500044. 2022. PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DALAM MEMBIMBING ANAK SELAMA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING di SD N KUDAILE 01. SKRIPSI. Pembimbing I: Ike Desi Florina, M.I.Kom. Pembimbing II: Sarwo Edy, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian yang berjudul Peran Komunikasi Interpersonal orangtua dalam membimbing anak selama penerapan pembelajaran daring di SD N Kudaile 01 ini disusun karena adanya wabah virus Covid-19 yang mengakibatkan seluruh bidang baik ekonomi, pariwisata dan pendidikan mengalami perubahan. Dampak pada bidang pendidikan adalah seluruh kegiatan pendidikan di Indonesia mengalami perubahan sistem pembelajaran yang semula tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring secara online. Pembelajaran daring diberlakukan di rumah dan orangtua sebagai pengganti guru di sekolah. Komunikasi interpersonal orangtua pada anak saat pembelajaran daring ditetapkan menjadi faktor penting dalam diri dan perkembangan prestasi anak. Dengan adanya komunikasi interpersonal yang terjalin selaras maka anak akan merasa percaya diri, dirinya berharga dan bahagia. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal orangtua dalam membimbing anak selama penerapan pembelajaran daring di SD N Kudaile 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti meneliti secara menyeluruh terhadap fakta yang ada di lokasi penelitian sesuai dengan fokus permasalahan. Hasil dari penelitian ini ditemukan sebagian besar orangtua telah menerapkan peran komunikasi interpersonal yang efektif yang terdiri atas 5 aspek (1) Keterbukaan (2) Empati dan simpati (3) Dukungan (4) Sikap Positif dan (5) Kesamaan. Adapun kendala yang dihadapi yakni berhubungan dengan kemampuan orangtua dalam memahami materi pelajaran anak, latar belakang dan kemampuan ekonomi orangtua serta keterbatasan waktu orangtua. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran daring, Peran Orangtua.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 01:31 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 02:38 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4666 |
Actions (login required)
View Item |