Rokhman, Moh.Shaefur and Oktaviani, Dian Nataria and Munadi, Munadi (2022) PENGARUH PERSEPSI PESRTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI TERHADAP LITERASI NUMERASI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. LAPORAN AKHIR PENELITIAN. (Unpublished)
Text
PENELITIAN MOH. SHAEFUR ROKHMAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung sejak Desember 2019 membuat dampak buruk pada beberapa sektor, termasuk salah satunya adalah sektor pendidikan. Hampir semua sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejak bulan Maret 2020, dan satu persatu masalah terjadi dalam pelaksanaan PJJ ini, terutama untuk masyarakat yang jauh dari perkotaan. Pasca Pandemi kegiatan pembelajaran berangsur normal, dan segera setelah kondisi normal Kemendikbud mengadakan tes AKM literasi numerasi. Perubahan pola pembelajaran sebelum normal dan sesudah normal pasca pandemi tentunya dipersepsikan berbeda oleh peserta didik satu dengan lainnya, dan tentunya ini brpengaruh terhadap literasi numerasi peserta didik dan lebih jauh lagi pada kemampuan pemecahan masalah matematika mereka. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengetahui pengaruh persepsi peserta didik dalam pembelajaran pasca pandemi terhadap literasi numerasi; 2). Mendeskripsikan pengaruh dan kontribusi literasi numerasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik; 3). Mendeskripsikan pengaruh persepsi peserta didik dalam pembelajaran pasca pandemi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Gandasuli 2 Kabupaten Brebes kelas 5, dengan sampel sebanyak 30 dari 64 pesrta didik. Pemilihan sampel didasarkan pada pemilihan acak peserta Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dilakukan oleh Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Analisis Data dengan menggunakan analisis regresi linear secara bertahap. Hasilnya menunjukkan ada pengaruh persepsi peserta didik dalam pembelajaran pasca pandemi terhadap literasi numerasi. Dan literasi numerasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan besaran kontribusi 13,6%. Secara tidak langsung persepsi peserta didik dalam pembelajaran pasca pandemi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, Sedangkan pengaruh langsungnya juga signifikan dengan kontribusi sebesar 84%. Kata Kunci: Persepsi peserta didik, literasi numeari, kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin repository upstegal |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 02:17 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 02:17 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5039 |
Actions (login required)
View Item |