PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Burhan Eko, Purwanto (2003) PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. In: Seminar Nasional dalam Rangka PIBSI XXV diselenggarakan oleh Prodi PBSID FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 6-7 Oktober 2003, di Yogyakarta.. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text
combinepdf (11).pdf

Download (399kB)

Abstract

Ciri utama GBPP 1994 adalah dipilihnya kebermaknaan sebagai pendekatan yang lekat pada setiap aspek kurikulum yaitu (1) tujuan yang hendak dicapai, (2) pengalaman edukasional untuk mencapai tujuan itu, (3) organisasi pengalaman edukasional itu, dan (4) langkah-langkah evaluasi untuk menentukan kriteria keberhasilan pencapaian tujuan itu. Ada keterkaitan dan kesepadanan antara keempat aspek itu, karena masing-masing dimotivasi oleh kebermaknaan, yang tidak lain sebagai teori yang berperan sebagai motor penggerak. Fungsi teori adalah untuk memerikan, mempraduga, dan menjelaskan fenomena kurikuler dan berperan sebagai kebijakan atau petunjuk bagi kegiatan-kegiatan kurikuler itu. Dengan demikian pemahaman kita akan kata kunci kebermaknaan akan membantu kita memahami wujud kurikulum 1994 ini, sebagaimana tampak dalam keempat aspek tersebut di atas. Buku teks sebagai cerminan dari rencana organisasi pengalaman edukasional, juga mesti mencerminkan pendekatan kebermaknaan ini. Pendekatan kebermaknaan ini sangat dekat dengan inti pokok konstruktivisme. Keduanya menekankan pentingnya pelajar mengasosiasikan pengalaman, fenomen, dan fakta-fakta baru ke dalam sistem pengertian yang telah dipunyai. Keduanya menekankan pentingnya asimilasi pengalaman baru ke dalam konsep atau pengertian yang sudah dipunyai siswa. Keduanya mengandaikan bahwa dalam proses belajar itu siswa aktif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dr Burhan Eko Purwanto
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:18
Last Modified: 17 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/521

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item