INTAN NUR AINI, . (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI 1 TAMAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER SKRIPSI INTAN - Intan Nur Aini.docx Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB I INTAN - Intan Nur Aini.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB II INTAN - Intan Nur Aini.docx Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB III INTAN - Intan Nur Aini.docx Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
Abstract
NUR AINI, INTAN. 2022. Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Arif Budiman S., M.Pd Pembimbing II : Hastin Budisiwi, M.Pd Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Reinforcement Positif, Minat Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Seberapa tinggi minat belajar siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif 2) Seberapa tinggi minat belajar siswa sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif 3) Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive yaitu siswa yang minat belajarnya rendah. Sampel yang digunakan sebanyak 15 siswa. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis uji t-test one group pre-test and pos-test design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Minat belajar siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam kategori rendah (27%) sebanyak 4 siswa dan sangat rendah (27%) sebanyak 4 siswa. 2) Minat belajar siswa sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam kategori tinggi (33%) sebanyak 5 siswa dan sangat tinggi (33%) sebanyak 5 siswa. 3) Hasil perhitungan uji t-test diperoleh t_hitung = 3,655 dan t_(tabel ) dengan (dk) 15-1=14 dan alpha= 0,05 (5%) didapat t_(tabel ) = 2,145. Sehingga diperoleh t_hitung>t_(tabel ) (3,655>2,145). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2021/2022. Saran dari penulis diharapkan agar dapat menginspirasi siswa supaya mempunyai kesadaran untuk belajar, dan diharapkan kepada guru pembimbing dapat mengevaluasi setiap pelaksanan bimbingan kelompok di sekolah dengan menerapkan berbagai teknik bimbingan dan konseling, terutama teknik reinforcement positif untuk meningkatkan minat siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 06:15 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 07:32 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5331 |
Actions (login required)
View Item |