DAMPAK FASILITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( DARING) TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SD 03 HARJOSARI LOR KECAMATAN ADIWERNA

KHOLIFAH WARDANDI, . (2022) DAMPAK FASILITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( DARING) TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SD 03 HARJOSARI LOR KECAMATAN ADIWERNA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - kholifah wardandi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB I - kholifah wardandi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
BAB II - kholifah wardandi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB III - kholifah wardandi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)

Abstract

KHOLIFAH, WARDANDI. 2022. Dampak Fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Terhadap Peserta Didik Kelas 5 Pada Saat Pandemi Covid-19 Di SD 3 Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna. Bimbingan dan Konseling. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Sri Adi Nurhayati, S.Psi.MM Pembimbing II : Drs. Sukoco KW., M.Pd Kata Kunci : Fasilitas Pembelajaran, Pandemi Covid-19 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak fasilitas pembelajaran jarak jauh (daring) terhadap peserta didik kelas 5 pada saat pandemi Covid-19 di SD 3 Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun cara pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi banyak peserta didik yang mengeluh karena pembelajaran jarak jauh dan kurangnya fasilitas pembelajaran yang kurang memadai. Selain itu, diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan secara daring atau online membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam menerima pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, karena fasilitas yang tidak memadai seperti Handphone, Kuota dan sehingga menghambat jalannya pembelajaran dengan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas pembelajaran yang paling mempengaruhi selama proses pembelajaran daring adalah handphone, dan kuota internet. Peserta didik yang tidak memiliki perangkat handphone/gadget menggunakan milik orangtua mereka. Jika belajar daring, mereka harus bergantian menggunakannya dengan orangtua, dan mendapat giliran setelah orangtua pulang kerja. Pada saat proses pembelajaran daring, peserta didik kurang aktif dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran daring meskipun mereka didukung dengan fasilitas yang memadai dari segi ketersediaan perangkat komputer, handphone/gadget, dan jaringan internet. Hal ini disebabkan karena peserta didik merasa bosan dengan adanya pembelajarn daring yang berlangsung hampir 2 tahun. Adapun saran yang dapat diajukan untuk orangtua diharapkan mengupayakan fasiltas belajar di rumah yang lengkap kepada anak, orangtua harus memperhatikan ruangan belajar, maupun sarana belajar lainnya sehingga anak tidak kesulitan untuk proses belajar. Orangtua sebaiknya juga pandai-pandai memberikan motivasi kepada anak supaya motivasi dan semangat anak untuk belajar tinggi guna meningkatkan prestasi belajar anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:30
Last Modified: 02 Jan 2023 07:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5333

Actions (login required)

View Item View Item