SRI WAHYUNINGSIH, . (2022) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI PADA SISWA MTs MA’ARIF NU 9 PENDE KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - sri wahyuningsih.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB I - sri wahyuningsih.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
BAB II - sri wahyuningsih.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
Text
BAB III - sri wahyuningsih.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
Abstract
WAHYUNINGSIH, SRI. 2022. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Etika Komunikasi pada Siswa MTs Ma’arif NU 9 Pende Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Skripsi. Prodi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Pembimbing II : Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Etika Komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat etika komunikasi siswa di MTs Ma’arif NU 9 Pende Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. 2) Untuk mengetahui tingkat etika komunikasi siswa di MTs Ma’arif NU 9 Pende Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. 3) Untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan etika komunikasi siswa MTs Ma’arif NU 9 Pende Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian menggunakan one grup pre test post test design. Populasi pada penelitian ini yaitu 274, dengan jumlah siswa dengan etika komunikasi rendah berjumlah 15 anak dengan kriteria yang sudah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa etika komunikasi sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam kategori rendah sebesar 6,67% pada rentang interval 83-91 dengan jumlah skor 1488, jumlah rata-rata 97,8, skor minimal 74 dan skor maksimal 115. Kemudian hasil perolehan data statistik prosentase bahwa etika komunikasi sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam kategori tinggi sebesar 40% pada rentang interval 106-115 dengan jumlah skor 1542, jumlah rata-rata 102,8, skor minimal 77 dan skor maksimal 123. Dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 0,32 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dan ternyata thitung= 0,32 > ttabel= 0,05 yang bearti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif, yang berarti layanan bimbingan kelompok dengan teknik probem solving dapat meningkatkan etika komunikasi pada siswa MTs Ma’arif NU 9 Pende Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 02:04 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 06:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5348 |
Actions (login required)
View Item |