ANALISIS MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA MAN KOTA TEGAL DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Yosky Larassati, . (2022) ANALISIS MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA MAN KOTA TEGAL DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN YOSKY-1 - Yosky Larassati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
BAB I YOSKY - Yosky Larassati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB II YOSKY - Yosky Larassati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III YOSKY - Yosky Larassati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

LARASSATI, YOSKY. 2022. Analisis Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Peserta Didik Kelas XII MIPA MAN Kota Tegal Ditinjau Dari Self Efficacy. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Pembimbing II : Hastin Budisiwi, M.Pd Kata Kunci : Self efficacy, Minat, Peserta Didik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana gambaran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi peserta didik kelas XII MIPA MAN Kota Tegal ditinjau dari self efficacy. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan adalah sebagai berikut, 1) Gambaran minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi peserta didik kelas XII MIPA MAN Kota Tegal ditinjau dari self efficacy sangat beragam, ada yang memiliki self efficacy rendah dan minat rendah, serta ada juga yang memiliki self efficacy rendah dan minat yang sedang, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi peserta didik kelas XII MIPA MAN Kota Tegal ditinjau dari self efficacy bermacam-macam, ada yang karena faktor internal dimana peserta didik kurang memahai aspek kognitif serta ada juga karena faktor eksternal dimana peserta didik tidak mendapatkan dukungan dari orang tua. Saran penelitian ini adalah bagi peserta didik diharapkan dapat mencari tahu motivasi apa yang bisa mengembangkan minat sehingga bisa mengaktualisasikan keputusan sesuai dengan self efficacy. Bagi guru BK diharapkan dapat membimbing peserta didik dalam menemukan self efficacy dan minatnya dengan mencari tahu hal-hal yang bisa menjadi pendorong peserta didik untuk lebih semangat dalam mempersiapkan Perguruan Tinggi dan jurusan sesuai dengan keinginan. Serta bagi orang tua agar para orang tua lebih memperhatikan anak-anaknya, sehingga anak-anak merasa diperdulikan dan didengar tentang mimpi-mimpinya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:39
Last Modified: 11 Jun 2024 03:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item View Item