PENGARUH EDUCATION GAME BERBANTUAN LINKTREE PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA

AIZAH TIFANI, . (2022) PENGARUH EDUCATION GAME BERBANTUAN LINKTREE PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
AIZAH TIFANI_SKRIPSI COVER - DAFTAR LAMPIRAN - Aizah Tifani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
AIZAH TIFANI_SKRIPSI BAB 1 - Aizah Tifani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
AIZAH TIFANI_SKRIPSI BAB 2 - Aizah Tifani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
AIZAH TIFANI_SKRIPSI BAB 3 - Aizah Tifani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

TIFANI, AIZAH. 2022. Pengaruh Education Game Berbantuan Linktree Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Terhadap Literasi Lingkungan Siswa. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci : Education Game berbantuan Linktree, Literasi Lingkungan Penelitian ini bertujuan adalah untuk : 1) Mengetahui pengaruh education game berbantuan linktree pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya terhadap literasi lingkungan siswa., 2) Mengetahui perbedaan tingkat literasi lingkungan pada kelas yang menggunakan education game berbantuan linktree dengan kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik., 3) Mengetahui respon siswa pada kelas yang menggunakan education game berbantuan linktree pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Kramat. Pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Hasil penelitian menyatakan : 1) Penggunaan education game berbantuan linktree pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya berpengaruh terhadap literasi lingkungan siswa dengan nilai signifikan 0,013 < 0,05., 2) Tingkat literasi lingkungan untuk kelas yang menggunakan eduction game berbantuan linktree berkategori tinggi sebesar 73 % sedangkan kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik berkategori cukup sebesar 61 %. 3) Respon peserta didik pada kelas yang menggunakan education game berbantuan linktree pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya yaitu sangat positif sebesar 83 %. Oleh sebab itu, dapat dikatakan penggunaan education game berbantuan linktree mempengaruhi motivasi belajar, partisipasi kerjasama kelompok, dan rasa percaya diri peserta didik sehingga mendorong kemampuan literasi lingkungan peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:34
Last Modified: 02 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item