INDRAWATI, . (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PAPAN LIPAT SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TATA SURYA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN_INDRAWATI_1818500015 - Indrawati 15.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
BAB 1_INDRAWATI_1818500015 - Indrawati 15.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
BAB 2_INDRAWATI_1818500015 - Indrawati 15.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text
BAB 3_INDRAWATI_1818500015 - Indrawati 15.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
Abstract
INDRAWATI. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Papan Lipat Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Tata Surya”Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur hayati, M.Pd Pembimbing II : Yuni Arfiani, M.Pd Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Papan Lipat Sains, Berpikir Kritis Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains pada materi tata surya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, (2) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains dengan kelas pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan papan lipat sains dan (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains dengan kelas pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan papan lipat sains. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, dengan design pretestposttest control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Talang tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas VII G dan VII H. Kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yatu tes,angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji N-Gain Score dan uji independent t-Test, dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains pada materi tata surya efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 93,75% dan N-Gain skor sebesar 66,15% dengan tingkatan efektivitas cukup efektif. (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains dan kelas pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan papan lipat sains. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji independent sample t-test nilai sig yang diperoleh sebesar 0,018 lebih kecil dari 0,05. (3) respon siswa terhadap pembelajaran kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan papan lipat sains lebih tinggi yaitu sebesar 82,33% dengan kategori sangat baik daripada kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan papan lipat sains yaitu sebesar 75,33% dengan kategori baik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 04:30 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:25 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5361 |
Actions (login required)
View Item |