PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA

NANIK MARIYATI, . (2022) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN -NANIK MARYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB 1 -NANIK MARYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB 2 -NANIK MARYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB 3 -NANIK MARYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

MARIYATI, NANIK. 2022. Penerapan Problem Based Learning Berbasis Group Investigation Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia. Skripsi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Muriani Nur Hayati, M.Pd. Pembimbing II Yuni Arfiani, S.Pd.Si., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Group Investigation, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains IPA peserta didik Kelas 8 F SMP Negeri 4 Petarukan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbasis group investigation. Jenis penelitian yang dilakuakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek penelitianya yakni peserta didik kelas 8 F SMP Negeri 4 Petarukan Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penggunaan metode PBL berbasis GI dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas 8 F SMP Negeri 4 Petarukan dari 74,53 menjadi 81,00 pada siklus II; 2) Penggunaan metode problem based learning berbasis group investigation dapat meningkatkan keterampilan proses sains IPA pada peserta didik kelas 8 F SMP Negeri 4 Petarukan tahun pelajaran 2021/2022 dari kondisi awal dalam kategori rendah ke kondisi akhir dalam kategori tinggi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:26
Last Modified: 02 Jan 2023 06:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item