RINI ULFAH ANDRYANI, . (2022) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN AUDIO POSTER UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI POLUSI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
UNSPECIFIED
RINI_Cover dll - rini ulfah andryani.pdf Restricted to UNSPECIFIED Download (774kB) |
|
Text
RINI_BAB 1 - rini ulfah andryani.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
Text
RINI_BAB 2 - rini ulfah andryani.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
Text
RINI_BAB 3 - rini ulfah andryani.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
Abstract
ANDRYANI, RINI ULFAH. 2022 Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Audio Poster Untuk Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik SMK Pada Materi Polusi. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, M.Pd Pembimbing II : Muriani Nur Hayati, M. Pd. Kata Kunci: Model Contextual Teaching And Learning (CTL), Audio Poster, Kemampuan Critical Thinking. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji keefektifan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan audio poster untuk meningkatkan critical thinking peserta didik SMK pada materi polusi dan (2) menentukan perbedaan kemampuan critical thinking peserta didik SMK antara model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan audio poster dengan model contextual teaching and learning (CTL) tanpa berbantuan audio poster. Penelitian ini yaitu jenis penelitian eksperimen, dengan design pretes-postest control group. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X dikelas X OTKP 1 dan X AKL 1 SMK Negeri 1 Dukuhturi. Kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Menggunakan instrumen teknik tes, pedoman wawancara, dokumentasi, kuesioner. Instrumen yang digunakan instrumen tes dan non tes, instrumen tes berisi soal uji coba yang akan digunakan untuk soal pretest dan posttest, instrumen non test berisi kuesioner /angket respon peserta didik terhadap pembelajaran, RPP, LKPD, dan hasil audio poster. Pengujian menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan audio poster secara offline untuk meningkatkan critical thinking peserta didik SMK pada materi materi polusi dalam kategori berhasil efektif dengan nilai ketuntasan klasikal persentase rata-rata sebesar 80,56%. (2) kemampuan critical thinking peserta didik SMK dengan model contextual teaching and learning (CTL) berbantuan audio poster secara offline pada materi polusi terdapat perbedaan yaitu nilai uji t sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 06:44 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:17 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5366 |
Actions (login required)
View Item |