RIZALATUN NADILA, . (2022) PENINGKATAN LITERASI SAINTIFIK SISWA SMP MELALUI PENUGASAN PROYEK LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 6 TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover - Daftar lampiran Skripsi Rizalatun Nadila - Rizalatun Nadila.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab I Skripsi Rizalatun Nadila - Rizalatun Nadila.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
Bab II Skripsi Rizalatun Nadila - Rizalatun Nadila.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
Bab III Skripsi Rizalatun Nadila - Rizalatun Nadila.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
Abstract
NADILA, RIZALATUN. 2022. “Peningkatan literasi saintifik siswa SMP melalui penugasan proyek lingkungan hidup di SMP Negeri 6 Tegal”. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II : Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata Kunci : Literasi Sains, Kemampuan Literasi Sains, Proyek Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan model penugasan proyek lingkungan hidup, 2) mengetahui peningkatan literasi saintifik peserta didik melalui penugasan proyek lingkungan hidup, 3) memahami respon dari siswa atas penggunaan proyek lingkungan hidup. Jenis penelitian yaitu penelitian eskperimen, dengan desain One-Group-Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Tegal tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas VII G dan VII H. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji paired sample t-test. Hasil penelitian menyatakan 1) Penugasan proyek lingkungan hidup adalah makalah terkait permasalahan lingkungan yang dikerjakan secara berkelompok, rata – rata dari hasil penilain makalah yaitu 67,9 dengan kategori baik 2) Terdapat peningkatan pada literasi saintifik siswa yang dapat dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. 3) Respon peserta didik terhadap penggunaan asesmen literasi saintifik melalui penugasan proyek lingkungan hidup pada materi pencemaran lingkungan yaitu positif, hal ini ditunjukan dengan presentase tiap indikator angket yang diatas 60%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model penugasan proyek lingkungan hidup di dalam penelitian ini adalah dengan penugasan makalah terkait permasalahan lingkungan yang ada disekitar peserta didik dan di kerjakan secara berkelompok, terdapat perubahan pada kemampuan literasi saintifik siswa setelah diberikan asesmen literasi saintifik dan penggunaanya mendapatkan reaksi yang positif dari para siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 06:50 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:16 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5367 |
Actions (login required)
View Item |