RIZQIKA ALDA SHAFIRA, . (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CREATED CASE STUDIES (SCCS) BERBANTUAN BULLETIN BOARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN - Rizqika Alda Shafira.docx Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
|
Text
BAB I - Rizqika Alda Shafira.docx Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
BAB II - Rizqika Alda Shafira.docx Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
BAB III - Rizqika Alda Shafira.docx Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
Abstract
SHAFIRA, RIZQIKA. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) Berbantuan Bulletin Board untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd Pembimbing II : Yuni Arfiani, M.Pd Kaca Kunci : Model Student Created Case Studies, Bulletin Board, Berfikir Kritis. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board terhadap hasil belajar siswa (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board dengan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) tanpa berbantuan Bulletin Board (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board dengan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) tanpa berbantuan Bulletin Board. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di SMP Negeri Kecamatan Kramat tahun ajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji independent sample t-test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t-test nilai sig yang diperoleh yaitu 0,006 < 0,05 (2) ada perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board dan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) tanpa berbantuan Bulletin Board (3) respon siswa terhadap pembelajaran antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) berbantuan Bulletin Board lebih tinggi yaitu sebesar 85% dengan kategori sangat baik dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) tanpa berbantuan Bulletin Board yaitu sebesar 76% dengan kategori baik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 07:22 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:11 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5369 |
Actions (login required)
View Item |