DIYAH AYU PERTIWI, . (2022) GAYA BAHASA IKLAN PRODUK KECANTIKAN PT PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover-daftar isi Diyah Ayu Pertiwi 1518500001 - Diyah Ayu Pertiwi.docx Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
Text
BAB 1 Diyah Ayu Pertiwi 1518500001 - Diyah Ayu Pertiwi.docx Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
Text
BAB 2 Diyah Ayu Pertiwi 1518500001 - Diyah Ayu Pertiwi.docx Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
BAB 3 Diyah Ayu Pertiwi 1518500001 - Diyah Ayu Pertiwi.docx Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
Abstract
PERTIWI, DIYAH AYU. 2022. “Gaya Bahasa Iklan Produk Kecantikan PT Paragon Technology and Innovation di Televisi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Khusnul Khotimah, M.Pd. Pembimbing II Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : Gaya Bahasa, Iklan, Implikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan “Gaya Bahasa Iklan Produk Kecantikan PT Paragon Technology and Innovation di Televisi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Berdasarkan yang tertera pada judul penelitian ini juga mendeskripsikan keterkaitanya penggunaan gaya bahasa pada pembelajaran di SMP. Sumber datanya berupa Iklan Produk Kecantikan PT Paragon Technology and Innovation di Televisi yang mengandung gaya bahasa. Metode dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan catat. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyimak dengan cermat dan teliti sumber data yang kemudian dicatat berdasarkan data yang diperoleh. Penelitian ini dilaukan dengan adanya prosedur, prosedur disusun agar penelitian yang dilakukan tersusun secara sistematis. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ditemukan 44 data. Data tersebut mencakup gaya bahasa repetisi dengan persentase tertinggi mencapai 22,8% dengan jumlah data mencapai 10 data, sedangkan data terendah pada gaya bahasa asindeton, koreksio, dan ironi dengan persentase mencapai 2,2% dengan jumlah data 1. Data selanjutnya yaitu klimaks 15,9% dengan jumlah data 7, aliterasi 11,4% dengan jumlah data 5, erotesis 4,5% dengan jumlah data 2, hiperbola 11,4% dengan jumlah data 5, metafora 11,4% dengan jumlah data 5, dan personifikasi 15,9% dengan jumlah data 7. Penelitian ini dapat dikaitakan dengan pembelajaran di sekolah, yaitu pada jenjang SMP. Oleh karena itu, penelitian ini dimplementasikan pada pembelajaran materi iklan khususnya yang berkaitan dengan kebahasaan pada iklan untuk dapat dijadikan materi ajar.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 06:39 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 03:05 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5414 |
Actions (login required)
View Item |