ESTRI UTAMININGSIH, . (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SELENA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI ESTRI (cover-daftar isi) - estri utaminingsih.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
|
Text
SKRIPSI ESTRI BAB I - estri utaminingsih.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
SKRIPSI ESTRI BAB II - estri utaminingsih.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
SKRIPSI ESTRI BAB III - estri utaminingsih.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
Abstract
UTAMININGSIH, ESTRI. 2021. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Selena Karya Tere Liye dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Implikasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi nilai pendidikan karakter dalam novel Selena karya Tere Liye serta mendeskripsikan implikasi pembelajaran nilai pendidikan karakter dalam novel Selena karya Tere Liye dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Selena karya Tere Liye. Wujud data pada penelitian ini berupa kutipan percakapan atau penggalan kalimat. Identifikasi data dalam penelitian ini berupa kutipan percakapan atau penggalan kalimat yang mengandung nilai pendidikan karakter. Teknik penyediaan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik informal. Dapat disimpulkan bahwa dari enam belas nilai karakter menghasilkan 120 data yang meliputi : (a). Nilai Jujur (1 data atau 0,83%). (b). Nilai Toleransi (6 data atau 5 %). (c). Nilai Disiplin (10 data atau 8,33 %). (d). Nilai Kerja keras (7 data atau 5,83 %). (e). Nilai Kreatif (3 data atau 2,5 %). (f). Nilai Mandiri (2 data atau 1,66 %). (g). Nilai Demokratis (1 data atau 0,83 %). (h). Nilai Rasa ingin tahu (18 data atau 15 %). (i) Nilai Cinta tanah air (1 data atau 0,83 %). (j). Nilai Menghargai Prestasi (9 data atau 7,5 %). (k). Nilai Bersahabat/komunikatif (16 data atau 13,33 %). (l). Nilai Cinta damai (11 data atau 9,16 %). (m). Nilai Gemar Membaca (11 data atau 9,16 %). (n). Peduli Lingkungan (1 data atau 0,83 %). (o). Nilai peduli sosial (19 data atau 15,83 %). (p). Nilai Tanggung jawab (4 data atau 3,33 %). Penelitian ini dapat di implikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA pada (KD) 3.4 Menganalisis isi dan kebahasaan teks novel.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 07:14 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 02:56 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5420 |
Actions (login required)
View Item |