KEBERFUNGSIAN BUTIR DIFERENSIAL PADA PERANGKAT TES PRESTASI BELAJAR FISIKA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus pada Perangkat Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Fisika Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2020 / 2021)

TRI SETIYA TITI UTAMI, . (2022) KEBERFUNGSIAN BUTIR DIFERENSIAL PADA PERANGKAT TES PRESTASI BELAJAR FISIKA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus pada Perangkat Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Fisika Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2020 / 2021). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Tesis Tri Setiya Titi Utami - Cover & Pengesahan - Tri Setiya.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Tesis Tri Setiya Titi Utami - Bab I - Tri Setiya.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Tesis Tri Setiya Titi Utami - Bab II - Tri Setiya.doc
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
Tesis Tri Setiya Titi Utami - Bab III - Tri Setiya.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TITI UTAMI, TRI SETIYA. 2022. “Keberfungsian Butir Diferensial Pada Perangkat Tes Prestasi Belajar Fisika dan Implikasinya dalam pembelajaran (Studi Kasus pada perangkat Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Fisika Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2020 / 2021)” Tesis. Magister Pedagogi. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd Kata Kunci: Keberfungsian Butir Diferensial, Uji Wald, Confident Plot, Penilaian Akhir Tahun, dan Rasch Model Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis karakteristik butir soal, (2) untuk mengetahui butir-butir yang terdeteksi Differential Item Functioning (DIF), (3) untuk menganalisis confidence plot butir soal, pada butir soal Penilaian Akhir Akhir (PAT) mata pelajaran Fisika kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lembar jawab peserta didik Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021 mata pelajaran Fisika, yang masih menggunakan Kurikulum 2013 (k – 13). Sampel dalam penelitian ini adalah 337 lembar jawaban yang terdiri dari 98 peserta didik laki-laki dan 239 peserta didik perempuan yang terdaftar dalam Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan permodelan Rasch dengan uji Wald. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat karakteristik berupa perbedaan tingkat kesukaran butir soal penilaian akhir Tahun mata pelajaran Fisika yang diujikan pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) hasil analisis pendeteksian DIF menggunakan uji wald menunjukkan bahwa pada perangkat soal penilaian akhir semester mata pelajaran IPA kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021 tidak terdapat butir soal yang terdeteksi mengandung DIF. Confidence plot dapat digunakan dengan baik pada setiap butir soal penilaian akhir semester mata pelajaran Fisika kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam mendeteksi DIF terletak pada interval tingkat kemampuan peserta

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:17
Last Modified: 02 Jan 2023 01:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item