PENGARUH PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI (TIK) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN TEGAL

Deker Raharjo, . (2022) PENGARUH PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI (TIK) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN - Deker Raharjo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB I - Deker Raharjo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB II - Deker Raharjo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB III - Deker Raharjo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)

Abstract

Deker Raharjo, 2022. “Pengaruh Penguasaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan Budaya Organisasi terhadap Peningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri se-Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Siti Hartinah DS., MM, Pembimbing II : Dr. Beni Habibi, M.Pd. Kata Kunci : Teknologi Informasi Komunikasi, Budaya Organisasi, Kinerja Guru Penguasaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) menjadi bagian dari tuntutan kompetensi guru untuk mendukung pelaksanaan tugasnya dan sebagai sarana untuk mencari dan mengunduh sumber-sumber belajar. Budaya organisasi merupakan serangkaian nilai-nilai dan strategi, gaya kepemimpinan, visi dan misi serta norma-norma kepercayaan dan pengertian yang dianut oleh anggota organisasi dan dianggap sebagai kebenaran bagi anggota yang baru yang nantinya akan menjadi sebuah tuntunan bagi setiap elemen organisasi suatu perusahaan untuk membentuk sikap dan perilaku. Kinerja guru merupakan hasil pekerjaan atau prestasi kerja yang dilakukan oleh seorang guru berdasarkan kemampuan mengelola kegiatan belajar mengajar, yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan membina hubungan antar pribadi (interpersonal) dengan siswanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh penguasaan teknologi informasi komunikasi (TIK) dan budaya organisasi terhadap peningkatan kinerja guru di SMK Negeri se-kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesinoer (angket) dengan jumlah butir pertanyaan 60 soal. Data responden sebanyak 667 guru SMK se-Kabupaten Tegal dengan jumlah sampel penelitian adalah 167 guru. Uji Normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnova Statistic menunjukkan bahwa nilai hitung statistik hasil pengujian lebih besar dari 0,05 (nilai hitung statistik > 0,05) sehingga dapat dinyatakan bahwa data tersebut diatas berdistribusi normal dan dapat dijadikan sebagai alat pengumpul data. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test dan uji F-test. Berdasarkan hasil t-test menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, berarti terdapat pengaruh penguasaan TIK dan budaya organisasi terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil F-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 <0,05 menunjukkan bahwa pengaruh variabel penguasan TIK dan budaya organisasi bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru pada tingkat signifikansi atau tingkat kepercayaan sebesar 95% dengan derajat kesalahan 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:37
Last Modified: 02 Jan 2023 01:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5449

Actions (login required)

View Item View Item