Mochammad Tholchah Kais, . (2022) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERDASARKAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Halaman Awal, Daftar isi, lampiran - Mochammad Tholchah Kais.docx Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
|
Text
BAB I_Tholchah MP - Mochammad Tholchah Kais.docx Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
BAB II_Tholchah MP - Mochammad Tholchah Kais.docx Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text
BAB III_Tholchah MP - Mochammad Tholchah Kais.docx Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
Abstract
Mochammad Tholchah Kais, 2022, Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Berdasarkan Persepsi Peserta Didik Terhadap Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas XI MAN 1 TEGAL Tahun Pelajaran 2021/2022. Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II Dr. Muntoha Nasucha Kata kunci: Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Literasi Numerasi Kompetensi profesional menuntut guru untuk memiliki kemampuan berupa hasil kerja kognitif dalam melaksanakan tugas agar peserta didik memperoleh hasil belajar yang optimal. Kompetensi pedagogik tidak hanya mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran namun juga menguasai ilmu pendidikan. Literasi pada abad 21 terdiri atas 6 literasi yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi digital, literasi finansial, literasi sains, dan literasi budaya. Literasi numerasi yakni kemampuan menggunakan angka, data, maupun simbol matematika, serta pengetahuan serta kecakapan dalam penarikan suatu keputusan yang berkaitan dengan masalah nyata di kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap literasi numerasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap literasi numerasi peserta didik kelas XI MAN 1 Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MAN 1 Tegal dengan jumlah populasi 430 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 213 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini meliputi literasi numerasi, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk literasi numerasi, dan angket tertutup dengan skala likert 5 untuk kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji koefisien regresi. Hasil penghitungan statistik, menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional terhadap literasi numerasi peserta didik, dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan perolehan thitung>ttabel (2,367 > 1,971).(2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik terhadap literasi numerasi peserta didik, dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan perolehan thitung>ttabel (2,700 > 1,971) dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap literasi numerasi peserta didik, dibuktikan dengan perolehan Fhitung>Ftabel yaitu (4,088 >3,04) dengan pengaruh sebesar 3,7%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:26 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 01:46 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5471 |
Actions (login required)
View Item |