YHUNITA OZI OSEANI, . (2022) EKRANISASI DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF KE BENTUK FILM “LAYANGAN PUTUS” KARYA BENNI SETIAWAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI_YUNITA OZI OSEANI_PBSI_EKRANISASI DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF KE BENTUK FILM “LAYANGAN PUTUS” KARYA BENNI SETIAWAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN - Fy Osean.docx Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
Text
BAB I - Fy Osean.docx Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
BAB II - Fy Osean.docx Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
BAB III - Fy Osean.docx Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
Abstract
Ozi Oseani, Yhunita. 2022 “Ekranisasi dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy Asf ke bentuk Film “Layangan Putus” Karya Benni Setiawan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Pembimbing II : Agus Riyanto, M.Pd. Kata Kunci: Ekranisasi, Novel Layangan Putus, Film, Implikasi Pembelajaran. Tujuan dari Penelitian ini yaitu mendeskripsikan wujud ekranisasi pada novel Layangan Putus karya Mommy Asf ke bentuk film “Layangan Putus” karya Benni Setiawan dan mendeskripsikan implikasi pada ekranisasi novel Layangan Putus karya Mommy Asf ke dalam film “Layangan Putus” karya Benni Setiawan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber penelitian ini yaitu Novel Layangan Putus Karya Mommy Asf dan Film “Layangan Putus” Karya Benni Setiawan. Wujud data penelitian ini yaitu kata, frasa, klausa, atau kalimat dan gambar yang mendeskripsikan wujud ekranisasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik simak, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode Padan Intralingual. Dan teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menuntukkan bahwa terjadi Ekranisasi yang terdapat pada novel Layangan Putus karya Mommy Asf kategori aspek penciutan pada alur berjumlah 14 data (73,7 %), tokoh atau penokohan berjumlah 6 data (42,9 %), dan latar berjumlah 3 data (42,9 %). Pada kategori aspek penambahan tidak ditemukan data baik alur, tokoh atau penokohan, dan latar. Pada kategori aspek perubahan bervariasi alur berjumlah 5 data 26,3%, tokoh atau penokohan sebanyak 8 data (57,1%), dan latar 4 data (57,1%). Sedangkan wujud ekranisasi yang terdapat pada film “Layangan Putus” karya Benni Setiawan kategori aspek penciutan tidak ditemukan data baik alur, tokoh atau penokohan, dan latar. Pada kategori aspek penambahan alur berjumlah 21 data (80,8%), tokoh atau penokohan berjumlah 5 data (38,5%), dan latar berjumlah 7 data (63,5%). Pada kategori aspek perubahan bervariasi alur berjumlah 5 data (19,2%), tokoh atau penokohan sebanyak 8 data (61,5%), dan latar 4 data (36,5%). Penelitian ekranisasi ini dapat diimplikasikan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA khususnya materi yang berkaitan dengan novel dengan menganalisis unsur kebahasaan pada novel. Hal tersebut sesuai dengan silabus SMA kelas XII semester 2 dengan Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan dalam novel dan 4.9 Merancang novel dan novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:22 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 01:27 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5481 |
Actions (login required)
View Item |