PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL

AMRIN FATKHURI, . (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - Daftar Lampiran Skripsi Amrin Fatkhuri - 131850003 - amrin fatkhuri.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi Amrin Fatkhuri - 131850003 - amrin fatkhuri.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
BAB 2 Skripsi Amrin Fatkhuri - 131850003 - amrin fatkhuri.docx
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB 3 Skripsi Amrin Fatkhuri - 131850003 - amrin fatkhuri.docx
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

FATKHURI, AMRIN. 2022. Pengaru Kompetensi Pedagogik Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Beni Habibi, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Basukiyatno, M.Pd Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kramat. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, regresi linier sederhana, regresi berganda yang diolah dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil Penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan yang sangat rendah antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat pengaruh sebesar 18%. Sedangkan untuk minat belajar siswa terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat pengaruh 0%. Selain itu pengaruh yang sangat rendah antara kompetensi pedagogik guru dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 18,9 %. Saran penelitian ini kepada siswa supaya dapat meningkatkan minat belajar terhadap mata pelajaran ekonomi, dengan aktif, berpikir kritis, dan pantang menyerah dalam mencari ilmu pengetahuan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:27
Last Modified: 30 Dec 2022 03:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item