EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMK MA’ARIF NU 03 LARANGAN

ANIS AMALIA RIZQI, . (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMK MA’ARIF NU 03 LARANGAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover- daftar lampiran - anis amaliarizqi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 - anis amaliarizqi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB 2 - anis amaliarizqi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB 3 - anis amaliarizqi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

RIZQI, ANIS AMALIA.2022. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMK Ma’arif NU 03 Larangan. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr.Dewi Apriani Fr.,M.M Pembimbing II : Dr.Beni Habibi M.Pd Kata Kunci : Model Problem Solving, Media Video,Berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran pada peningkatan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Ma’arif NU 03 Larangan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menyatakan bahwa uji independent sampel t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima ada perbedaan penerapan model problem solving menggunakan media video pembelajaran pada materi perusahaan jasa terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik. Selain itu uji n-gain menyatakn bahwa kelas eksperimen dengan mean 56,01> 29,20 mean dari kelas kontrol. Angket respon peserta didik terhadap model problem solving dan video pembelajaran mendapat respon baik dimana masing-masing mean perindikator yaitu 103, 108, 108, 104, 102, 97,6. Saran penelitian ini kepada guru akuntansi supaya dapat meningkatkan model pembelajaran yang lebih kreatif supaya peserta didik dapat mengembangkan berpikir kritisnya dan mengikuti pembelajaran dengan aktif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru akuntansi pembelajaran problem solving dengan media video pembelajaran dapat digunakan sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran serta menerapkan dengan menyesuaikan keadaan perkembangan teknologi. Kepada peserta didik diharapkan berdampak positif, tidak hanya meningkatkan semangat dan berpikir kritis melainkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:02
Last Modified: 30 Dec 2022 03:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item