PENGARUH KREATIVITAS GURU EKONOMI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN AJARAN 2021/2022

JULIYANA YOLAN PUTRI AVINKA M, . (2022) PENGARUH KREATIVITAS GURU EKONOMI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1. cover - Juliyana Putri Malau.docx
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
2. BAB I - Juliyana Putri Malau.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
3. BAB II - Juliyana Putri Malau.docx
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
4. BAB III - Juliyana Putri Malau.docx
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)

Abstract

Malau, Juliyana Yolan Putri Avinka.2022 “Pengaruh Kreativitas Guru Ekonomi Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 3 Brebes” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Basukiyatno, M.Pd Pembimbing II : Dr. Beni Habibi, M.Pd Kata kunci : Kreativitas Guru Ekonomi, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Tujuan penulisan ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis: (1). Pengaruh kreativitas guru ekonomi terhadap prestasi belajar, (2). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, (3). Pengaruh kreativitas guru ekonomi dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Objek penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Brebses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasi asosiatif. Subjek penelian ini adalah siswa X IPS yang berjumlah 94 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier sederhana, regresi berganda yang diolah dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini adalah: 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kreativitas Guru Ekonomi (X1) terhadap Prestasi Belajar(X2) ) sebesar 0,442 dengan kostanta sebesar 39,078, dan nilai thitung = 2,154 > ttabel = 1,661, atau 2,154> 1,661 maka Ha1 diterima. dan Ho1 ditolak dengan pernyataan ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial (sendiri-sendiri) antara kreatiivitas guru ekonomi (X1) terhadapa prestasi belajar(Y) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes.2).Fasilitas Belajar (X2) terhadap Prestasi belajar (Y) sebesar 0,356 dengan kostanta sebesar 45,797. thitung> ttabel atau thitung = 1,491 > ttabel = 1,661, maka Ha2 ditolak. dengan pernyataan ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial (sendiri-sendiri) terdapat pengaruh positif secara tidak signifikan variabel fasilitas belajar (X2) terhadap Prestasi belajar (Y) . 3). Tidak ada pengaruh signifikan antara Kreativitas Guru Ekonomi dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes nilai F tabel yaitu nilai 3.09. perbandingan yang didapat yaitu nilai F hitung 673,927 lebih besar dari F tabel atau 673,927 > 309. Nilai signifikansi berdasarkan tabel ANOVA diatas sebesar 0.104 yaitu lebih dari dari 0.05, atau 0.104 > 0.05, maka dengan demikian dapat diambil keputusan Ha3 ditoak sedangkan Ho3 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini; diharapkan guru ekonomi bisa lebih meningkatkan kreativitasnya dalam pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa bisa meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:59
Last Modified: 30 Dec 2022 02:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5524

Actions (login required)

View Item View Item