PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA N 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SITI KHODIJAH, . (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA N 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SITI KHODIJAH - SKRIPSI - siti khodijah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB I - siti khodijah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
BAB II - siti khodijah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB III - siti khodijah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

KHODIJAH, SITI. 2022. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS di SMA N 3 Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. H. Basukiyatno, M.Pd Pembimbing II : Neni Hendaryati, M.Pd Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar (2) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar (3) pengaruh pola asuh orang tua dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS di SMA N 3 Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS sebanyak 144 dan sampel 60. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pola Asuh Orang Tua (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y) ekonomi siswa kelas X IPS di SMA N 3 Brebes dibuktikan dengan nilai thitung 7,560 > ttabel 1,671 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) ekonomi siswa kelas X IPS di SMA N 3 Brebes dibuktikan dengan nilai thitung 7,570 > ttabel 1,671 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan Pola Asuh Orang Tua (X1) dan Gaya Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) ekonomi siswa kelas X IPS di SMA N 3 Brebes dibuktikan dengan nilai fhitung 42,129 > ftabel 2,371 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru lebih memperhatikan siswanya dalam hal kebiasaan belajar, guna memudahkan siswa untuk mengingat dan memahami pelajaran. Bagi sekolah hendaknya meningkatkan kerjasama dengan orang tua siswa, sehingga terjalin komunikasi yang baik. Bagi orang tua disarankan dapat memberikan pola asuh yang tepat serta lebih memperhatikan dalam hal belajar agar prestasi belajar semakin meningkat. Bagi siswa disarankan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji lebih banyak referensi yang berkaitan dengan pola asuh orang tua, gaya belajar dan prestasi belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:22
Last Modified: 30 Dec 2022 01:59
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item