AWALIA NUR MAFAZAH, . (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II BERBANTUAN ALAT PERAGA GARDU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII SMP NU 01 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 Pokok Bahasan Garis dan Sudut). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN - Awalia Mafazah.docx Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
|
Text
BAB I - Awalia Mafazah.docx Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
BAB II - Awalia Mafazah.docx Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
Text
BAB III - Awalia Mafazah.docx Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
Abstract
MAFAZAH, AWALIA NUR.2022.Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II Berbantuan Alat Peraga Gardu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester 2 SMP NU 01 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 Pokok Bahasan Garis Dan Sudut). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si. M.Pd. Pembimbing II Dr. Munadi. Kata Kunci : Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II, kemampuan pemecahan masalah Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II lebih dari 76% mencapai nilai 60, 2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II terhadap kemampuan penalaran matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP NU 01 Dukuhturi Kab. Tegal tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 99 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes. Sebelumnya instrumen diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji regresi linear sederhana, dengan terlebih dahulu sudah diuji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II lebih dari 76% mencapai nilai 60, 2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:43 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 07:14 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5562 |
Actions (login required)
View Item |