KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Pokok Segi Empat)

DESI INDAH LESTARI, . (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Pokok Segi Empat). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER SKRIPSI DESI - Desi Indah Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi Desi - Desi Indah Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB 2 Skripsi Desi - Desi Indah Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB 3 Skripsi Desi - Desi Indah Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

LESTARI, DESI INDAH.2022. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Pokok Segi Empat)”. Skripsi. Pendikan Matematika.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Munadi Pembimbing II Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd. Kata kunci: Pengaruh, Snowball Throwing, Pendekatan Open-Ended, Pemecahan Masalah, Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing dengan pendekatan Open-Ended dan model pembelajaran Snowball Throwing. 2) Untuk mengetahui mana yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan pendekatan Open-Ended dan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian true-experimental desain dengan bentuk desain posttest-only control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri 320 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes pemecahan masalah matematika. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh 1) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antara yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan pendekatan open-ended dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan = 2,339 dan =1,998. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antara yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan = 2,339 dan =1,669.Guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang tidak monoton agar peserta didik tidak merasa bosan dalam mempelajari matematika, salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan pendekatan Open-Ended. Peserta didik perlu dilibatkan dalam proses pembelajaran agar dalam menerima pembelajaran tidak pasif sehingga peserta didik bukan hanya menerima pengetahuan saja tapi secara aktif mencari dan memahami pengetahuan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:05
Last Modified: 29 Dec 2022 07:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item