DEWI FEBRIYANI, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI SEGI EMPAT ( Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 ). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
bagian awal lengkap - Dewi Febriyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab1skripsi - Dewi Febriyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
bab2skripsi - Dewi Febriyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
bab3skripsi - Dewi Febriyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
Abstract
Febriyani, Dewi. 2022. Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Segi Empat ( Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP PGRI Kramat Tahun Pelajaran 2021/2022 ). Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Munadi Pembimbing II : Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd. Kemampuan numerasi ini sangat dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan baik dalam rumah, sekolah, pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan numerasi peserta didik khususnya dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Salah satu cara mengukur kemampuan numerasi peserta didik disekolah adalah dengan memberikan soal yang dapat mengasah kemampuan berpikir peserta didik sehingga dapat mengaplikasikan keterampilannya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI Kramat pada tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 21 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan memberikan soal tes kemampuan numerasi berbentuk uraian sejumlah 6 soal kepada peserta didik. Pengambilan Subjek wawancara diambil 6 peserta didik yang masing-masing terdiri atas 2 kelompok atas, 2 kelompok tengah, dan 2 kelompok bawah. Berdasarkan Jenis aspek yang telah dilakukan penelitian diperoleh data sebagai berikut : (1) aspek pemahaman yang terpenuhi sebanyak 96 dengan persentase 76,19 %, (2) aspek penerapan yang terpenuhi sebanyak 116 dengan persentase 92,06 %, (3) aspek penalaran yang terpenuhi sebanyak 101 dengan persentase 80,16 %, dan (4) aspek komunikasi yang terpenuhi sebanyak 51 dengan persentase 40,48 %.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 03:11 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 07:05 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5570 |
Actions (login required)
View Item |