PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GANDASULI 02 BREBES TAHUN AJARAN 2021/2022

MAYANG RIZKI PURNANINGTYAS, . (2022) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GANDASULI 02 BREBES TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-daftar lampian_Mayang Rizki - Mayang Rizki Purnaningtyas.docx
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB 1_Mayang Rizki - Mayang Rizki Purnaningtyas.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB 2_Mayang Rizki - Mayang Rizki Purnaningtyas.docx
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB 3_Mayang Rizki - Mayang Rizki Purnaningtyas.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

PURNANINGTYAS, MAYANG RIZKI. 2022. Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SDN Gandasuli 02 Brebes Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Shaefur Rokhman, M.Si Pembimbing II : Dr. Paridjo, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Numerasi, Pemahaman Konsep, Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gandasuli 02 Brebes Tahun Ajaran 2021/2022 terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling oleh Kemendikbud. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa diambil dari kelas VA dan VB yang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer-Asesmen Kompetensi Minimum (ANKB-AKM). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN Gandasuli 02 Brebes Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan hasil perhitungan diperoleh t_hitung sebesar 9,518 dan probabilitas/tingkat kesalahan mendekati nol (0,000). Besarnya kontribusi kemampuan literasi numerasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dilihat dari koefisien determinasi R square sebesar 0,764 yang artinya bahwa kemampuan literasi numerasi siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 76,4%, sedangkan siswanya yaitu sebesar 23,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:29
Last Modified: 29 Dec 2022 06:27
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5617

Actions (login required)

View Item View Item