PENGEMBANGAN LKPD GEOMETRI MELALUI EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DENGAN MEDIA MOTIF SARUNG GOYOR (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan pada Materi Geometri Bangun Datar)

MUHAMAD BAGUS PRAMANA, . (2022) PENGEMBANGAN LKPD GEOMETRI MELALUI EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DENGAN MEDIA MOTIF SARUNG GOYOR (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan pada Materi Geometri Bangun Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
M Bagus PDF-1-14 COVER (2) - Prams.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
M Bagus PDF-15-21 BAB 1 - Prams.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
M Bagus PDF-22-37 BAB 2 - Prams.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
M Bagus PDF-38-46 BAB 3 - Prams.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)

Abstract

Pramana, Muhamad B. 2022. Pengembangan LKPD Geometri melalui Eksplorasi Etnomatematika dengan Media Motif Sarung Goyor (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan pada Materi Geometri Bangun Datar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dian Nataria Oktaviani, S.Si.,M.Pd. Pembimbing II : Dr. Paridjo, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan LKPD Geometri, eksplorasi etnomatematika, sarung goyor Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan serta menghasilkan LKPD geometri melalui eksplorasi etnomatematika dengan media motif sarung goyor pada materi bangun datar yaitu persegi, persegi panjang, dan segitiga yang valid. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu ADDIE yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Pada penelitian ini tahapan yang digunakan dimodifikasi dan dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dari LKPD yang dikembangkan adalah angket kevalidan oleh ahli dan guru matematika. Kevalidan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 4 untuk setiap pernyataan. Hasil penilaian LKPD dari dua dosen dan satu guru yaitu sebesar 3,6 sehingga dapat diartikan LKPD yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:58
Last Modified: 29 Dec 2022 06:19
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5645

Actions (login required)

View Item View Item