KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Pokok Lingkaran)

NIKKITA LUTHFIANA, . (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Pokok Lingkaran). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_COVER-DAFTAR LAMPIRAN - nikkita luthfiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 1 - nikkita luthfiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 2 - nikkita luthfiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 3 - nikkita luthfiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Luthfiana, Nikkita. 2022. ”Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap Kemampuan Berpikir Kretif (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Pokok Lingkaran)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Munadi Pembimbing II Hj. Isnani., M.Si. M.Pd. Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education, Kemampuan Berpikir Kreatif . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran RME dengan model pembelajaran TPS, 2) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran RME lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran TPS. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang terambil yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis satu arah dan dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran RME dengan model pembelajaran TPS, 2) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran RME lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran TPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 00:43
Last Modified: 29 Dec 2022 06:08
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5657

Actions (login required)

View Item View Item