NUR AFNI MUFLICHATIN, . (2022) PENGEMBANGAN MODUL BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA SARUNG GOYOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan pada Materi Bangun Datar dan Pemahaman Matematis). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Nur Afni PDF-1-14 COVER - Nur Afnii Muflichatin.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
|
Text
Nur Afni PDF-15-22 BAB 1 - Nur Afnii Muflichatin.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
Text
Nur Afni PDF-23-32 BAB 2 - Nur Afnii Muflichatin.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
Nur Afni PDF-33-39 BAB 3 - Nur Afnii Muflichatin.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
Abstract
Muflichatin, Nur A. 2022. Pengembangan Modul Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Sarung Goyor untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dian Nataria Oktaviani, S.Si.,M.Pd. Pembimbing II : Drs. Ponoharjo, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan modul bangun datar, basis etnomatematika, matematis Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bangun datar berbasis etnomatematika sarung goyor untuk mendeskripsikan pengembangan modul bangun datar berbasis etnomatematika sarung goyor untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis yang valid pada peserta didik di SDN 3 Wanarejan tahun 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE yang dibatasi oleh peneliti hana sampai 3 tahap saja yaitu (Analyze, Design, Development). Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket terbuka, wawancara via whatsapp dan angket validasi. Data yang diperoleh dari angket validasi dihitung dengan pedoman kategori penilaian untuk menentukan kualitas modul. Hasil validasi aspek desain isi modul diperoleh sebesar 3,55, aspek kelayakan isi 3,72, aspek kelayakan bahasa 3,73, aspek penyajian 3,83, dan aspek belajar mandiri sebesar 4,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 00:57 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 06:05 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5661 |
Actions (login required)
View Item |