KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Multimedia Semester Genap SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Matriks)

ROKHMATUL MUNAWAROH, . (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Multimedia Semester Genap SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Matriks). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER SKRIPSI - Rokhmatul Munawaroh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 - Rokhmatul Munawaroh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
BAB 2 - Rokhmatul Munawaroh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB 3 - Rokhmatul Munawaroh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

MUNAWAROH, ROKHMATUL. 2022. Keefektifan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik ditinjau dari Kemampuan Awal (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Multimedia Semester Genap SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Matriks). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. Pembimbing II : Dr. Munadi Kata Kunci : Model pembelajaran, contextual teaching and learning, kemampuan literasi matematis, kemampuan awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) apakah kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal tinggi, (3) apakah kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tidak lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal rendah. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X program keahlian Multimedia semester genap di SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 103 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel terdiri atas satu kelas eksperimen, satu kelas kontrol, dan satu kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi dan tes kemampuan literasi matematis. Dengan taraf signifikansi 5% analisis data yang digunakan yaitu uji ANAVA dua jalan, uji t satu pihak kanan dan kiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada peserta didik dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal tinggi, (3) kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tidak lebih baik daripada peserta didik dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal rendah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:09
Last Modified: 29 Dec 2022 04:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5678

Actions (login required)

View Item View Item