SITI NUR AZIZAH, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA PESERTA DIDIK KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (Studi Penelitian Kualitatif pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Kemantran 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER,PENGESAHAN DLL SITI NUR AZIZAH - Siti Nur Azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB I SITI NUR AZIZAH - Siti Nur Azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB II SITI NUR AZIZAH - Siti Nur Azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB III SITI NUR AZIZAH - Siti Nur Azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
Abstract
Azizah, Siti Nur. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Peserta Didik Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Studi Penelitian Kualitatif pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Kemantran 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Munadi Pembimbing II : Ibnu Sina S.T., M.Pd., M.Kom Kata kunci : Kemampuan Literasi Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Bangun Ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM dengan materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V A semester genap SDN Kemantran 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes kemampuan literasi numerasi sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi tinggi, 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi sedang dan 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Indikator kemampuan literasi numerasi yang digunakan yaitu menurut Han, W., Santoso & dkk, (2017) yang terdiri dari (1) Menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan lain sebagainya). (3) Menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini menunjukan bahwa: kemampuan literasi numerasi tinggi memenuhi indikator (1),(2), dan (3), kemampuan literasi sedang memenuhi indikator (1),(2), dan kemampuan literasi numerasi rendah dapat memenuhi indikator (1). Dengan hasil penelitian dari 22 peserta didik ada 4 peserta didik kategori literasi numerasi tinggi, 14 peserta didik kategori sedang, dan 4 peserta didik kategori rendah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 02:18 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 04:30 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5682 |
Actions (login required)
View Item |