SRI WIDIYANTI, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI PENGGUNAAN SOAL - SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas V SDN Kemantran 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Halaman Judul- Daftar Isi - Sri Widiyanti.docx Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
Text
BAB I - Sri Widiyanti.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
BAB II - Sri Widiyanti.docx Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
|
Text
BAB III - Sri Widiyanti.docx Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
Abstract
Widiyanti, Sri. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Penggunaan Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas V SDN Kemantran 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Munadi Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata kunci: Kemampuan, Literasi Numerasi, soal HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari penggunaan soal - soal matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V Semester Genap SDN Kemantran 01 Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes kemampuan literasi numerasi sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi tinggi, 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi sedang dan 2 subjek dengan kemampuan literasi numerasi rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Indikator kemampuan literasi numerasi yaitu 1. Menggunakan angka dan simbol matematika, 2. Indikator menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan lain sebagainya), 3. Menafsirkan hasil. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan literasi numerasi tinggi memenuhi 3 indikator yaitu indikator 1, indikator 2, dan indikator 3, peserta didik dengan kemampuan literasi numerasi sedang memenuhi 2 indikator yaitu indikator 1 dan indikator 3, dan peserta didik kemampuan literasi numerasi rendah memenuhi 1 indikator yaitu indikator 1.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 02:32 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 04:29 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5691 |
Actions (login required)
View Item |