PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI INTERPRETASI TERKAIT PENTINGNYA WAWASAN NUSANTARA DALAM KONTEKS NKRI DI KELAS X SMK BHAKTI PRAJA DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

DUDY HERU PRIHARTANTO, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI INTERPRETASI TERKAIT PENTINGNYA WAWASAN NUSANTARA DALAM KONTEKS NKRI DI KELAS X SMK BHAKTI PRAJA DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover - Dudy Heru P.docx
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
bab 1 - Dudy Heru P.docx
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
bab 2 - Dudy Heru P.docx
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
bab 3 - Dudy Heru P.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Prihartanto, Dudy Heru. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Materi Interpretasi Terkait Pentingnya Wawasan Nusantara Dalam Konteks NKRI di Kelas X SMK Bhakti Praja Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan PPKn. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Wahyu Jati Kusuma, S.H.,M.H. Pembimbing II : Drs. Subiyanto, M.Pd. Kata kunci : media pembelajaran, video animasi, wawasan nusantara, Animaker Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasukan dunia pendidikan. Sekolah mulai menyesuaikan diri dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran. Hal ini perlu diimbangi dengan pemilihan media pembelajaran yang sesuai, seperti video animasi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan pembuatan media pembelajaran animasi melalui aplikasi Animaker; 2) untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang berfokus pada pembuatan video animasi. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi dengan responden Ahli Media dan Ahli Materi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari pengumpulan data dilaporkan dalam bentuk deskripsi pada bab pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dalam bentuk video animasi untuk materi wawasan nusantara layak digunakan dalam proses pembelajaran. Video animasi tersebut dinilai melalui tiga tahap penilaian. Setiap ahli memberikan kritik dan saran untuk perbaikan produk. Skor akhir yang diperoleh dari dua ahli materi dan satu ahli media secara berturut-turut adalah 56, 58, dan 36 dengan rata – rata 4,30, 4,46, dan 4,50. Peneliti memberikan saran bagi guru mata pelajaran PPKn agar dapat mengikuti perkembangan jaman dan mengembangkan media untuk materi lain. Selain itu, baik peneliti maupun guru mata pelajaran PPKn dapat mengembangkan kreativitas dengan mencoba aplikasi lain yang tersedia di internet. Diharapkan setelah ini lahir media pembelajaran lain yang berguna dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:24
Last Modified: 29 Dec 2022 04:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5703

Actions (login required)

View Item View Item