NUR HAYATI, . (2022) MEDIA PEMBELAJARAN FILM PENDEK TENTANG FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DALAM NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PPKN KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
PENDAHULUAN - nur hayati.docx Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text
BAB I - nur hayati.docx Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
BAB II - nur hayati.docx Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
Text
BAB III - nur hayati.docx Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
Abstract
HAYATI, NUR. 2022. Media Pembelajaran Film Pendek tentang Faktor Pendorong dan Penghambat Kesatuan dan Persatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Inovasi Pembelajaran PPKN Kelas XI SMK Bhakti Praja Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs Subiyanto,M.Pd Pembimbing II : Wahyu Jati Kusuma,SH MH Kata Kunci : Media Pembelajaran , Film Pendek, Inovasi Pembelajaran PPKN Kebutuhan media pembelajaran dalam pembelajaran PPKN sangat penting dalam proses pembelajaran. Salah satunya penggunaan media pembelajaran film pendek yang belum memadai, karena media pembelajaran yang digunakan masih terbatas dan hanya menggunakan media pembelajaran yang bisa digunakan. Beberapa materi ada yang yang kurang tepat apabila hanya menggunakan media yang tidak mendukung pada materi tertentu. Sehingga peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran film pendek untuk siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Dukuhwaru sebagai inovasi pembelajaran PPKN (2) Pengunaan media pembelajaran film pendek dalam pembelajaran PPKN kelas XI SMK Bhakti Praja Dukuhwaru pada materi faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik Indonesia sebagai inovasi pembelajaran PPKN. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Recearc and Development (R&D) mengadopsi dari Sugiyono yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut : (1) Studi Pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan, 2. Studi Pengembangan, meliputi: (1) desain produk awal, (2) koreksi desain dari para pakar, (3) revisi desain, (4) uji coba terbatas, (5) Focus Grup Diskusi (FGD), (6) revisi produk. Hasil penelitian validasi ahli menunjukan presentasi 83,53 %. Setelah media pembelajaran film pendek divalidasi dan diujicobakan mendapat penilaian dari guru PPKN atau ahli di lapangan berdasarkan empat aspek diantaranya (1) kelayakan film pendek (video), (2) Kebahasaan, (3) Sajian dan (4) materi. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah persentase nilai yang mencapai diatas 80%. Berdasarkan hasil data penilaian instrument media pembelajaran, maka diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran film pendek sudah sangat baik dan bisa dipergunakan untuk kegiatan pembelajaran pada materi faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik Indonesia sebagai inovasi pembelajaran PPKN kelas XI SMK Bhakti Praja Dukuhwaru.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 06:58 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 03:38 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5742 |
Actions (login required)
View Item |