IMPLEMENTASI EFEKTIVITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) TERHADAP KESELAMATAN PELAJAR DI SMP N 3 BREBES (Studi Kasus Jalan Gajah Mada Brebes)

SALSABILLA APRILIA, . (2022) IMPLEMENTASI EFEKTIVITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) TERHADAP KESELAMATAN PELAJAR DI SMP N 3 BREBES (Studi Kasus Jalan Gajah Mada Brebes). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Salsabilla_Skripsi - Salsabilla Aprilia.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Salsabilla_BAB I - Salsabilla Aprilia.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
Salsabilla_BAB II - Salsabilla Aprilia.docx
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text
Salsabilla_BAB III - Salsabilla Aprilia.docx
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)

Abstract

Aprilia Salsabilla, 2022 ‘‘Implementasi Efektivitas Zona Selamat Sekolah (Zoss) Terhadap Keselamatan Pelajar Di Smp N 3 Brebes (Studi Kasus Jalan Gajah Mada Brebes)’’. Laporan Skripsi Teknik Sipil Universitas Pancasakti Tegal 2022. ZoSS adalah bagian dari kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas berupa kegiatan pemberian prioritas keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki pada kawasan sekolah. ZoSS juga merupakan program inovatif dalam bentuk zona kecepatan berbasis waktu yang digunakan untuk mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah. Tipe ZoSS ditentukan berdasarkan tipe jalan, jumlah lajur, kecepatan rencana jalan dan jarak pandangan henti yang diperlukan. Berdasarkan tipe tersebut ZoSS dapat ditentukan batas kecepatan, panjang ZoSS dan perlengkapan jalan yang dibutuhkan. Data yang diambil antara lain Data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil survei dan pengamatan secara langsung di lapangan antara lain data survei perilaku penyeberang, data survei perilaku pengantar, data survei kecepatan, data survei volume lalu lintas data survei inventarisasi jalan; Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari beberapa sumber antara lain peta lokasi sekolah yang akan diteliti, dan data jumlah siswa siswa. Untuk hasil tingkat pelayanan jalan (LOS) yang terjadi pada pagi dan siang hari adalah arus antara stabil hingga mendekati arus tidak stabil, volume sesuai dengan jalan untuk perkotaan, dan kecepatan pada area ZoSS rendah. Jalan atau area ZoSS tersebut masih cukup aman untuk dilewati oleh anak sekolah dan pengantar. Untuk hasil perilaku siswa dan perlaku pengantar saat menyeberang jalan pada pagi hari dan pada siang hari yang sudah mengikuti prosedur dalam menyeberang dilihat dari hasil survei dan perhitungan presentase antara 20%-100% membawa ZoSS tersebut ketingkat efektivitas yang cukup efektif dan dikatakan kurang lebih selamat. Untuk kendaraan yang melewati area ZoSS baik sepeda motor (MC) yang memiliki tingkat presentase 70%, kendaraan ringan (LV) yang memiliki tingkat presentase 80%, dan kendaraan berat (HV) yang memiliki tingkat presentase 100%, dengan menggunakan beberapa sampel menunjukan hasil bahwa sebagian besar kendaraan yang melewati area ZoSS tersebut sudah efektif, jadi jalan atau area ZoSS tersebut aman untuk diseberangi oleh siswa dan pengantar.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:31
Last Modified: 29 Dec 2022 01:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item