Eko Sustiyanti, . (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED-BLENDED LEARNING DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
1. Cover-BAB III - eko sustiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2. BAB IV-V - eko sustiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
3. DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - eko sustiyanti.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pengembangan Model Pembelajaran Flipped-Blended Learning dengan CTL Berbantuan Modul p a d a p e n e l i t i a n i n i bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap model pembelajaran Flipped-Blended Learning dengan CTL Berbantuan Modul, mengetahui desain model Flipped-Blended Learning dengan CTL Berbantuan Modul dan mengetahui keefektifan model Flipped-Blended Learning dengan CTL Berbantuan Modul dalam meningkatkan motivasi dan hprestasi belajar biologi siswa kelaas X di SMAN 1 Bojong Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE dengan metode eksprimen (true experimental design). Dari 5 tahap pada model pengembangan ADDIE, peneliti melaksanakan penelitian pada 3 tahap pertama yaitu Analysis, Design dan Development. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Bojong Kabupaten Tegal. Untuk sumber data dan sampel penelitian diambil siswa kelas X-7 dan kelas X-8 Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 72 siswa, dan 3 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pretes-postest, angket motivasi belajar siswa, angket model pembelajaran dan observasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian dari tahap analisis diperoleh data bahwa siswa kelas X SMAN 1 Bojong membutuhkan model pembelajaran Flipped-Blended Learning dengan CTL berbantuan modul. Modul dan perangkat pembelajaran yang dibuat dinyatakan layak dan memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris. Berdasarkan uji t hasil prestasi belajar dan hasil angket motivasi belajar pada kelas kontrol dan eksperimen diperoleh hasil Nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) prestasi belajar sebesar 0.001 < 0.05 dan Nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) motivasi belajar sebesar 0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Flipped-Blended Learning dengan CTL berbantuan modul Kata Kunci: blended learning, flipped learning, pembelajaran kontekstual, motivasi dan prestasi belajar,
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 05:20 |
Last Modified: | 29 May 2024 06:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6050 |
Actions (login required)
View Item |