PERAN GURU SMK NEGERI 1 ADIWERNA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI KELAS X

MANU AJI, . (2023) PERAN GURU SMK NEGERI 1 ADIWERNA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI KELAS X. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER TESIS - Manu Aji.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV-V - Manu Aji.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIARAN TESIS - Manu Aji.docx

Download (2MB)

Abstract

Manu Aji, 2022. “Peran Guru SMK Negeri Adiwerna dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Di Kelas X”. Tesis. Program Magister Pedagogi Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr Tri Mulyono, M. Pd, pembimbing II: Dr. Sutji Muljani, M. Hum. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui bagaimanakah peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan fakor-faktor pendukung apa sajakah yang dapat mendukung aktualisasi guru dalam menjalakan perannya dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pada penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Penelitian ini memusatkan perhatian pada masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru terhadap prestasi belajar siswa yaitu mempunyai peran sebagai pemimpin belajar, fasilisator belajar, moderator belajar, motivator belajar, evaluator belajar, dan ditemukan peran baru yaitu guru sebagai teladan, sebagai peyelamat, sebagai inovator dan sebagai penyambung lidah orang tua dan sekolah sehingga dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Adiwerna kelas X pada mata pelajaran seni. Seorang guru harus mampu mengelola seluruh proses kegiatan belajar-mengajar dengan menciptakan kondidi-kondisi belajar sedemikian rupa sehingga setiap siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, kendala yang dihadapi guru di kelas yaitu karakter siswa, kurangnya disiplin siswa, siswa terlalu pasif, tidak tenang dalam kelas, kepercayaan diri siswa, media, sarana prasarana yang masih kurang, dan kebanyakan siswa hanya mengikutinya saja.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:40
Last Modified: 06 Feb 2023 03:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item