LAPORAN PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI "MODEL ASESMEN LITERASI SAINTIFIK BERBASIS KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH , KEMAMPUAN PENYELIDIKAN ILMIAH SERTA PENGETAHUAN HAKIKAT SAINS DENGAN PEMODELAN RASCH DAN APLIKASI DIGITAL UNTUK PENINGKATAN STANDAR KELULUSAN SMA PROGRAM MATEMATIKA DAN ILMU ALAM (MIPA)" Tahun ke-2 dari 3 Tahun yang Direncanakan

Susongko, Purwo and Arfiani, Yuni (2022) LAPORAN PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI "MODEL ASESMEN LITERASI SAINTIFIK BERBASIS KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH , KEMAMPUAN PENYELIDIKAN ILMIAH SERTA PENGETAHUAN HAKIKAT SAINS DENGAN PEMODELAN RASCH DAN APLIKASI DIGITAL UNTUK PENINGKATAN STANDAR KELULUSAN SMA PROGRAM MATEMATIKA DAN ILMU ALAM (MIPA)" Tahun ke-2 dari 3 Tahun yang Direncanakan. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Laporan Tahun ke-2 PTUPT.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah membangun instrumen standar untuk mengukur literasi saintifik siswa SMA Kelas XII program MIPA yang meliputi kemampuan penalaran ilmiah , kemampuan penyelidikan ilmiah dan pengetahuan hakikat sains. Ketiga instrumen tersebut dibangun dan dipadukan dengan pendekatan model Rasch dan disajikan dalam bentuk aplikasi digital agar lebih efektif dalam implementasinya. Penelitian dilaksanakan di Ruang Workshop Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas Pancasakti dan di lingkungan SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Kota Tegal. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan . Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian literasi sains siswa SMA program MIPA terdiri dari kemampuan penalaran ilmiah, penyelidikan ilmiah dan pengetahuan hakikat sains yang disusun , direvisi, dan divalidasi dengan model Rasch. Rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis terkait mengidentifikasi substansi dan kebutuhan tes , Design terkait dengan pengembangan butir tes, Devolepment terkait dengan validasi , Implementasi terkait dengan penyelenggraan tes sedangkan Evaluasi terkait uji validitas eksternal dan keefektifan tes. Luaran wajib dalam tahun kedua adalah Instrumen Tes Literasi saintifik 3 Dimensi ( Tes Lisa 3D) yang terdiri dari aspek aspek : Penalaran Ilmiah , penyelidikan ilmiah dan pengetahuan hakikat sains. Instrumen Tes Literasi saintifik 3 Dimensi ( Tes Lisa 3D) aspek Penalaran Ilmiah Siswa SMA Program MIPA telah di catat dalam surat pencatatan ciptaan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor EC00202255122 atas nama Purwo susongko, Mobinta Kusuma, Yuni Arfiani dan sentra HKI Universitas Pancasakti Tegal . Instrumen Tes Lisa 3D aspek penyelidikan Ilmiah Siswa SMA Program MIPA telah di catat dalam surat pencatatan ciptaan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor EC00202255133 atas nama Purwo susongko, Mobinta Kusuma, Yuni Arfiani dan sentra HKI Universitas Pancasakti Tegal . Instrumen Tes Lisa 3D aspek Pengetahuan Hakikat Sains Siswa SMA Program MIPA telah di catat dalam surat pencatatan ciptaan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor EC00202255131 atas nama Purwo susongko, Mobinta Kusuma, Yuni Arfiani dan sentra HKI Universitas Pancasakti Tegal. Luaran tambahan pada Tahun kedua adalah adalah artikel yang terbit dalam prosiding terindex scopus dan artikel yang terbut dalam jurnal teraktreditasi ( minimal sinta 3). Artikel dengan judul : 3-Dimensional Scientific Literacy Assessment Framework for Senior High School Science Program Students telah dipresentasikan dengan baik pada tanggal 6 November 2021 pada International conference of Science Education ke 3 di Universitas negeri Yogyakarta dengan nomor artikel 296 dan telah publish pada tanggal 30 desember 2022 pada laman https://aip.scitation.org/doi/abs/10.1063/5.0113936, sedangkan 1 artikel telah di review pada Jurnal Thabiea (Sinta 2).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Yuni Arfiani
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:52
Last Modified: 24 Feb 2023 04:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6285

Actions (login required)

View Item View Item