ATIKA NUR RIZQIYANA, . (2023) TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI BAB 1-3 - Yt gamingff.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 4-5 - Yt gamingff.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
Text
Dapus dan Lampiran - Yt gamingff.pdf Download (1MB) |
Abstract
RIZQIYANA, ATIKA NUR. 2022. “Tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Tegal: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : Tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung, Novel dan Implikasi Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tindak tutur langsung dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara, 2) Mendeskripsikan tindak tutur tidak langsung dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara, 3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Wujud data penelitian ini yaitu berupa kata-kata atau kalimat yang mengandung tindak tutur langsung dan tidak langsung. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah teknik membaca dan teknik mencatat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 70 data mengenai tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam Novel Sepatu Dahlan pada tindak tutur langsung berupa modus kalimat berita 30 data dengan persentase 51,72 %, tindak tutur langsung berupa modus kalimat tanya 25 data dengan persentase 34,48%, tindak tuturan langsung berupa modus kalimat perintah 8 data dengan persentase 13,79%, sedangkan tindak tutur tidak langsung berupa modus kalimat berita 4 data dengan persentase 57,14 %, dan tindak tutur tidak langsung berupa modus kalimat tanya 3 data dengan persentase 42,85 %. Hasil penelitian ini dapat menjadi sarana pembelajaran khususnya mengenai tindak tutur langsung dan tidak langsung pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X pada materi teks negoisasi dengan Kompetensi Dasar 3.11 menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negoisasi. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi guru untuk memberikan motivasi kepada peserta didik di SMA. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang positif bagi peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 01:18 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 01:18 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6456 |
Actions (login required)
View Item |