STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN MELALUI MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK NEGERI 1 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

BUNAWAR, . (2023) STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN MELALUI MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK NEGERI 1 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
FILE COVER_BUNAWAR + SCAN - bunawar adb.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
FILE BAB IV-V_BUNAWAR - bunawar adb.docx
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
FILE DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_BUNAWAR - bunawar adb.docx

Download (6MB)

Abstract

Bunawar: Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Melalui Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2021/2022. Tesis. Tegal: Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu lulusan, Proses pembelajaran mata pelajaran produktif yang dilaksanakan di SMKN 1 Adiwerna, mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kompetensi lulusan di SMK Negeri 1 Adiwerna. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu lulusan antara lain: membuat analisis sumber daya sekolah, merumuskan peta jalan sekolah, pengembangan kurikulum bersama IDUKA, peningkatan SDM melalui diklat guru, pembaharuan sarana dan prasarana sekolah, kerjasama dengan IDUKA untuk tujuan link and match; kedua, Proses pembelajaran mata pelajaran produktif untuk meningkatkan mutu lulusan dilakukan dengan: optimalisasi pemanfaatan media dan sumber belajar, mengembangkan program peningkatan softskill, budaya kerja, etika digital pada siswa, mengembangkan inovasi pembelajaran, pembelajaran dengan jadwal blok, pembelajaran dengan guru tamu, pembelajaran dengan Tefa, sisteim evaluasi dilakukan sesuai SOP, Uji kompetensi siswa telah dilaksanakan oleh LSP, uji kompetensi dengan IDUKA; ketiga, faktor pendukung dan penghambat antara lain: Kebijakan pemerintah yang selalu berubah mengenai kurikulum pendidikan, modul dan buku ajar belum disusun bersama IDUKA, belum semua guru bersertifikat standar industry, pengelolaan dana pendidikan dibatasi oleh kebijakan pemerintah, dukungan dana dari masyarakat untuk sekolah negeri dibatasi oleh kebijakan pemerintah, hasil teaching faktori masih belum standar industri, belum semua peralatan dapat dimanfaatkan secara optimal. Solusi yang diterapkan adalah: pertama, selalu mencari informasi yang akurat sedini mungkin tentang kebijakan pemerintah mengenai kurikulum pendidikan, kedua, menjalin kerjasama dengan IDUKA yang relevan untuk pengembangan modul dan buku ajar, pembelajaran TEFA dan pemanfaatan peralatan, ketiga, mendorong dan memberikan rekomendasi kepada guru untuk melaksanakan diklat/magang, keempat, Mengoptimalkan penggunaan dana BOS dan BOP, kelima, menjalin kerjasama dengan alumni. Kata Kunci: Strategi, Mata pelajaran Produktif, SMK, Mutu lulusan.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:24
Last Modified: 13 Mar 2023 07:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item