PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK MELALUI KINERJA GURU BK DI SMAN 1 WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG TAHUN 2022

Anita, . (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK MELALUI KINERJA GURU BK DI SMAN 1 WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG TAHUN 2022. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB IV - V - Anita Nitha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Anita Nitha.pdf

Download (6MB)
[img] Text
COVER,PERNYATAAN,PENGESAHAN BAB 1-3 - Anita Nitha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang Masalah Bimbingan dan konseling di sekolah mampu membantu peserta didik dalam mengatasi masalah dalam mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karier. Layanan Bimbingan dan konseling yang sesuai dapat meningkatkan tingkat kepuasan bagi peserta didik. Untuk dapat memberikan layanan guru bimbingan dan konseling dapat meningkatkan kinerganya dengan menguasai kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Untuk mengukur kinerja guru Bimbingan dan konseling di SMAN Wonotunggal maka penelitian ini dilakukan. Jenis penelitian ini merupakan kausalitas dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Jumlah populasi sebanyak 632 responden, teknik pengambilan sampel dengan teknik Purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. sebanyak 63 peserta yang diambil dari peserta didik kelas X, XI dan XII. Analisis data menggunakan program SPSS 22.0 untuk menguji analisis path dengan causal test dan sobel test untuk mengukur variabel mediasi secara signifikan. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis path dapat diperoleh sebagai berikut (1) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja memperoleh t hitung 3,279 > 1,671 sig 0,002 <0,05 Ho ditolah Ha diterima, (2) pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja memperoleh hasil t hitung 5,027>1,671 sig 0,000 < 0,05 Ho ditolak Ha diterima, (3) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kepuasan peserta didik memperoleh hasil t hittung 2,035 > 1,671 sig 0,046 <0,05 Ho ditolak Ha diterima,(4) pengaruh kompetensi profesional terhadap kepuasan peserta didik memperoleh hasil t hitung 8,458> 1,671 sig 0,003 Ho ditolak Ha diterima, (5) pengaruh kinerja terhadap kepuasan peserta didik memperoleh hasil thitung 3,106 > 1,671 sig 0,003 < 0,05 Ho ditolak Ha diterima, (6) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kepuasan peserta didik melalui kinerja diperoleh hasil z value 1,12398 < 1,96 dan p value 0,261 > 0.05 maka Ho diterima Ha ditolak, (7) pengaruh kompetensi profesional terhadap kepuasan peserta didik melalui kinerja diperoleh z value 2,2005 > 1,96 dan p value 0,027 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Guru Bimbingan dan konseling di sekolah diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional dalam memberikan layanan kepada peserta didik agar dapat meningkatkan kepuasan peserta didik sehingga peserta didk dapat menyelesaikan masalahnya, melalui kinerja guru bimbingan dan konseling yang optimal maka layanan Bimbingan dan konseling di sekolah akan berhasil.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:35
Last Modified: 14 Mar 2023 01:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6605

Actions (login required)

View Item View Item