PENGARUH PENGEMBANGAN METAKOGNITIF TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MAPEL INFORMATIKA DI SMP KABUPATEN BREBES

Nora Triningsih, . (2023) PENGARUH PENGEMBANGAN METAKOGNITIF TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MAPEL INFORMATIKA DI SMP KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1. Cover-bab3 - Nora Triningsih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
bab 4 dan bab 5 - Nora Triningsih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA+LAMPIRAN - Nora Triningsih.docx

Download (147kB)

Abstract

Nora Triningsih, 2023. “Pengaruh Pengembangan Metakognitif Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MAPEL Informatika di SMP Kabupaten Brebes”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum Pembimbing II : Dr. Rahmad Agung N, M.Si. Kata Kunci : Pengembangan Metakognitif, Aktivitas, Hasil belajar Pada umum kemampuan metakognitif peserta didik melibatkan pengetahuan dan kesadaran peserta didik yang berhubungan dengan segala sesuatu dengan aktivitas pembelajaran, Peserta didik seharusnya memiliki kemampuan metakognitif sehingga pembelajaran didalam kelas dapat berproses secara lancar dan menghasilkan aktivitas belajar serta hasil belajar meningkat. Menurut Azhari & Safitri (2013) menjelaskan bahwa peserta didik yang memiliki perkembangan metakognitif yang baik akan lebih mampu dalam memecahkan masalah, membuat keputusan dan berpikir kritis, lebih termotivasi untuk belajar, lebih mampu mengatur emosi, serta lebih mampu mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam proses belajarnya. Kemampuan metakognitif membantu peserta didik dalam memahami materi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi (Septiyana dkk., 2013 berdasarkan itu kemampuan metakognitif perlu dikembangkan kepada peserta didik sehingga kemampuan peserta didik dapat terus meningkat dan mengetahui cara belajar yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran Informatika melalui pengembangan metakognitif di SMP kabupaten Brebes dan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran Informatika melalui pengembangan metakognitif di SMP Kabupaten Brebes. Peneliatn dilakukan di dua sekolah kabupaten Brebes yakni SMP N 5 Brebes dan SMP N 1 Losari keduanya merupakan sekolah piloting mata pelajaran Informatika di kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesinoer (angket). Jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 5 kabupaten Brebes berjumlah 281 siswa dan jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Losari kabaupaten Brebes berjumlah 326. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengembangan metakognitif terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII mapel informatika di SMP kabupaten brebes dengan nilai signifikansi pretest hasil belajar siswa adalah 0,00 yang berarti < 0,050 (0,00<0,050) dan F sebesar 1.885.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:37
Last Modified: 14 Mar 2023 01:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6608

Actions (login required)

View Item View Item