PERAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PERKEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Firmansah, Obim (2020) PERAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PERKEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI OBIM FIRMANSAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FIRMANSAH, OBIM. 2020. Judul Skripsi “Peran Layanan Bimbingan Karir Berbabsis Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Karir Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd Pembimbing II : Prof. Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, MM Kata Kunci : Bimbingan Karir, Perkembangan Karir Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perkembangan karir sebelum dilaksanakan layanan bimbingan karir berbasis literasi teknologi informasi dan komunikasi, 2) perkembangan karir setelah dilaksanakan layanan bimbingan karir berbasis literasi teknologi informasi dan komunikasi, 3) peran layanan bimbingan karir berbasis literasi teknologi informasi dan komunikasi dalam perkembangan karir peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian ini adalah desain eksperimen pretest-postest kelompok tunggal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 70 peserta didik, dan sampel penelitiannya sebanyak 22 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis t-test. Hasil penelitian menunjukkan hasil análisis statistik deskriptif bahwa perkembangan karir sebelum layanan bimbingan karir berbasis literasi teknologi infomasi dan komunikasi adalah dalam kategori rendah sebanyak 10 peserta didik (45%) perkembangan karir setelah layanan bimbingan karir berbasis literasi teknologi infomasi dan komunikasi adalah dalam kategori tinggi sebanyak 12 peserta didik (55%). Adanya peran Peran Layanan Bimbingan Karir Berbasis Literasi Teknologi Infomasi dan Komunikasi dalam Perkembangan Karir dilihat dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 4,63. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 22 – 1 = 21 dimana diperoleh ttabel = 2,080 ternyata thitung = 4,63> ttabel = 2,080 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif berbunyi “Terdapat peran layanan bimbingan karir berbasis literasi teknologi informasi dan komunikasi dalam perkembangan karir peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020” Bagi guru Bimbingan dan Konseling, tingkat perkembangan karir dalam kategori tinggi dalam arti peserta didik mampu merencanakan dan menentukan pilihan karir untuk masa depannya, dapat dijadikan acuan bagi guru BK dalam memaksimalkan pemberian layanan khusus bagi para peserta didik yang akan lulus atau yang ingin mengembangkan karirnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Obim Firmansah Firmansah
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:54
Last Modified: 10 Jan 2023 02:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item