PENGARUH BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 ADIWERNA)

Teguh Setia Adi, . (2023) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 ADIWERNA). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Teguh Setia Adi.M3A. (Cover s.d BAB 3) - teguh setia adi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
Teguh SA .TESIS BAB IV & V - teguh setia adi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
Teguh Setia Adi.MP3A (DAFPUS & LAM2) - teguh setia adi.docx

Download (4MB)

Abstract

Teguh Setia Adi. 2023. Judul Tesis “Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Dan Motivasi Kerja Pendidik Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Adiwerna)”. Magister Pedagogi. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II Dr. Muntoha Nasucha, M.Pd Kata Kunci : Budaya Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja Pendidik, Prestasi Belajar Prestasi belajar peserta didik merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Namun, terdapat permasalahan terkait rendahnya prestasi belajar yang bisa dipengaruhi oleh faktor budaya organisasi sekolah dan motivasi kerja pendidik. Oleh karena itu, penting untuk memahami hubungan antara budaya organisasi sekolah, motivasi kerja pendidik, dan prestasi belajar peserta didik untuk mencari solusi yang tepat dan meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh organisasi sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik, 2) pengaruh motivasi kerja pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik, 3) pengaruh budaya organisasi sekolah dan motivasi kerja pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Adiwerna Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini sejumlah 900 peserta didik. Sampel diambil 10% dari populasi yaitu 90 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik, dilihat dari nilai perhitungan uji hipotesis dimana nilai t hitung sebesar 3,011 lebih besar dari t tabel sebesar 1,987 dan nilai koefisien regresi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003, nilai signifikan tersebut lebih kecil dari α 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik, yang ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 3,727 lebih besar dari t tabel sebesar 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α 0,05. Adanya pengaruh secara simultan budaya organisasi sekolah dan motivasi kerja pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik dinyatakan diterima yang dihasilkan dari hasil uji simultan (Uji F) diperoleh hasil signifikan sebagaimana ditunjukan oleh angka 0,000 < 0,05. Dan besarnya kontribusi budaya organisasi sekolah dan Motivasi kerja pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik sekitar 38,6%, selebihnya sebesar 61,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini adalah mengoptimalkan penerapan budaya organisasi sekolah yang positif dengan lebih aktif melibatkan seluruh anggota sekolah, termasuk guru, siswa, staf, dan orang tua, dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, inklusif, dan mendukung.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:19
Last Modified: 22 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7038

Actions (login required)

View Item View Item