PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KOMPETENSI PEDAGOGI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL

PRIRISQI PRATIWI, . (2023) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KOMPETENSI PEDAGOGI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
( cover- BAB 3 ) PRIRISQI PRATIWI_MAGISTER PEDAGOGI_7320800084_PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DAN KOMPETENSI PEDAGOGI TERHADAP KINERJA GURU SMANEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL - Pririsqi Pratiwi Wo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
( BAB 4 - BAB 5 )PRIRISQI PRATIWI_MAGISTER PEDAGOGI_7320800084_PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DAN KOMPETENSI PEDAGOGI TERHADAP KINERJA GURU SMANEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL - Pririsqi Pratiwi Wo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Pririsqi Pratiwi.docx

Download (6MB)

Abstract

“Pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SMA Negeri3 Slawi”. Pririsqi Pratiwi, Dr. Basukiyatno, M.Pd, Dr. Beni Habibie, M.Pd Latar belakang masalah penelitian ini adalah guru menjadi ujung tombak pelaksanaan berbagai macam program pendidikan melalui kegiatan pembelajaran. Sehingga berhasil dan berkualitasnya program-program pendidikan yang dirancang oleh penentu kebijakan pendidikan, salah satunya sangat tergantung kepada kinerja dan profesionalisme para guru. Berkaitan dengan hal tersebut, masyarakat modern seperti sekarang ini selalu menuntut terpenuhinya kebutuhan pendidikan yang baik dan berkualitas bagi putra-putrinya. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah Apakah Kompetensi Profesional berpengaruh pada Kinerja Guru SMA Negeri 3 Slawi, Apakah Kompetensi Pedagogik berpengaruh pada Kinerja Guru SMA Negeri 3 Slawi, Apakah ada pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 3 Slawi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode analisis regresi linier berganda karena variabel bebasnya terdiri lebih dari satu. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas (independent) yaitu kompetens profesional (X1), kompetensi pedagogi (X2), sedangkan variabel terikatnya (dependent) adalah Kinerja Guru(Y). Subyek penelitian adalah Guru SMA Negeri 3 Slawi yang berjumlah 48 Orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari 48 responden terdapat 5 (10% ) kategori rendah, 12 responden ( 25%) kategori sedang dan 31 (65%) responden kategori tinggi. Nilai Sig adalah 0,00. Sig > Alpha (0,00 > 0,05) sehingga H0 ditolak H1 diterima. Artinya variabel kemampuan profesional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Pada kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru memperoleh hasil terdapat 6 (12,5%) kategori rendah 19 (39,5 %) responden kategori sedang dan 23 (47,9%) responden kategori tinggi. Nilai Sig adalah 0,000 diperoleh bahwa Sig > Alpha (0,000 ≤ 0,05) sehingga H0 ditolak (H1 diterima). Artinya variabel kemampuan pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja guru. berdasarkan nilai Sig adalah 0,000 sehingga diperoleh bahwa Sig ≤ Alpha (0,000 ≤ 0,05) sehingga H0 ditolak. Artinya H1 diterima yang menandakan bahwa variabel kemampuan profesional dan pedagogik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Dan nilai R square adalah 0,886 artinya persentase sumbangan pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah 88,6% dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain. Guru agar senantiasa meningkatkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik melalui pendidikan, pelatihan atau pengembangan diri, sehingga kinerja guru semakin sempurna. Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:21
Last Modified: 22 Aug 2023 02:21
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7053

Actions (login required)

View Item View Item