IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI TK NEGERI PEMBINA SLAWI

USI RAHMAWATI, . (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI TK NEGERI PEMBINA SLAWI. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - BAB 3 - usi rahmawati.doc
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
bab 4 - 5 - usi rahmawati.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAPUS & LAMPIRAN - usi rahmawati.doc

Download (5MB)

Abstract

RAHMAWATI, USI. 2023. 7319600020. “Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di TK Negeri Pembina Slawi”. Penelitian program Strata 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Magister Pedagogi. Pembimbing pertama adalah Dr. Hanung Sudibyo, M. Pd dan pembimbing kedua adalah Dr. Tity Kusrina, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui (1) Srategi Pembelajaran Discovery Learning Memotivasi Belajar Siswa Di TK Negeri Pembina Slawi; (2) Untuk mengetahui apakah Srategi Pembelajaran Discovery Learning mampu Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di TK Negeri Pembina Slawi; (3) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam Srategi Pembelajaran Discovery Learning Memotivasi Belajar Siswa Di TK Negeri Pembina Slawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Karena metode deskriptif kualitatif merupakan prosedur pemecahan masalah yang diselediki dengan menggambarkan/ melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian (seseorang/lembaga/masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya siswa di TK Negeri Pembina Slawi mengalami peningkatan dalam motivasi belajar, hal ini dapat dilihat dari segi kegiatan pembelajaran yang dilakukan, terutama saat pengimplementasian strategi pembelajaran Discovery Learning pemahaman siswa menjadi meningkat drastis di karenakan metode pembelajaran Discovery Learning ini tidak monoton dan termasuk dalam metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa (fun learning). Dengan melihat hasil penelitian ini, beberapa butir pertanyaan interview yang di buat berdasarkan keempat elemen motivasi oleh teori John Keller dalam di tanyakan kepada narasumber oleh peneliti, dan sudah terjawab dengan jelas bahwa narasumber pun mendukung adanya metode belajar Discovery Learning ini karena mereka merasa terbantu dengan ini. Maka strategi pembelajaran Discovery Learning ini disimpulkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Motivasi belajar siswa .

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:26
Last Modified: 11 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7359

Actions (login required)

View Item View Item